Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mendadak Jadi Barang Langka

Harga Masker di Batam Melambung Tinggi Akibat Corona
Oleh : CR3
Rabu | 04-03-2020 | 09:28 WIB
kimia-farma-masker1.jpg Honda-Batam
Apotek Kimia Farma. (Foto: Pascall RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan 2 WNI positif terinfeksi virus corona Covid-19, masker mulut dan hand sanitizer mendadak menjadi barang langka.

Kelangkaan ini, tak pelak membuat harga masker mulut dan hand sanitizer di Kota Batam pun melambung tinggi.

Berdasarkan pantauan BATAMTODAY.COM, harga masker di Apotik Kimia Farma, Batamcenter mengalami kenaikan yang paling signifikan.

Menurut Asri, salah satu pegawai di Apotik Kimia Farma, saat ini harga masker naik berkali-kali lipat dari biasanya.

"Biasanya masker mulut dan hand sanitizer di sini dijual sekitar Rp 35-40 ribu per boks naik menjadi Rp 350 ribu per boks yang berisi 50 pcs," kata Asri, Rabu (4/3/2020).

Salah satu karyawan lainnya Ifa mengatakan, kalaupun mau masker harus pesan dulu ke distributor dan ini terjadi di seluruh toko apotek kimia Farma di Kota Batam. Akibatnya, Stok masker pun menjadi langka.

"Stock masker di hampir seluruh Apotik Kimia Farma mengalami kelangkaan. Hal ini karena permintaan masyarakat akhir-akhir ini sangat banyak," kata Ifa.

Meski harganya melambung, sambungnya, warga tetap membelinya sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona. Selain masker, warga juga memburu cairan pembersih tangan.

"Meski harga naik, pembeli tetap berburu masker dan cairan pembersih tangan. Akibatnya, stok langsung habis alias tak pernah bertahan lama," pungkasnya.

Sementara, terkait aksi warga berburu masker, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengingatkan agar yang menggunakan masker hanyalah mereka yang sakit.

Yang sehat, lanjutnya, tidak perlu. Kecuali di tempat keramaian, karena kemungkinan ada potensi orang terjangkit virus tersebut.

Menteri Kesehatan Terawan Putranto menekankan, cara lain yang juga efektif mencegah penularan virus Corona, yaitu, perbanyak frekuensi mencuci tangan dan menjaga stamina tubuh.

Editor: Yudha