Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua WNI Positif Corona, Kabareskrim Perintahkan Anggota Amankan Pusat Perbelanjaan
Oleh : Redaksi
Selasa | 03-03-2020 | 11:04 WIB
kabareskrim1.jpg Honda-Batam
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Bisnis.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo memerintahkan seluruh anggotanya untuk mulai mengamankan pusat-pusat perbelanjaan. Ini setelah Indonesia mengonfirmasi 2 warga terinfeksi virus Corona.

"Yang jelas mulai dari kemarin setelah kami mendapatkan info dengan temuan suspect terhadap virus, kami sudah minta kepada anggota untuk turun ke lapangan memantau khususnya tempat-tempat perbelanjaan karena memang beberapa wilayah kita monitor aktivitasnya lebih meningkat dari biasanya," kata Listyo usai bertemu dengan Mahfud Md di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (3/3/2020).

"Namun demikian, kami akan terus melaksanakan pengamanan, menjaga dan menurunkan anggota di lapangan agar jangan sampai eskalasinya menjadi tidak bagus," sambungnya.

Selain itu, pemantauan langsung oleh polisi di lapangan juga untuk menjaga keamanan di sekitar pusat perbelanjaan. Agar nantinya tidak ada aksi-aksi kriminal yang terjadi akibat membeludaknya pembeli.

"Iya anggota khususnya kami dari reserse kita turunkan anggota ke sana (pusat perbelanjaan) untuk jangan terjadi hal-hal kemudian berdampak kepada aksi-aksi bersifat kriminalitas," ujarnya.

Listyo menegaskan semua wilayah masuk pemantauan. Jika dirasa ada aktivitas yang meningkat di pusat perbelanjaan yang terpantau itu, akan segera dilakukan tindakan untuk menurunkan peningkatan aktivitas.

"Semuanya (wilayah), semua yang di dalam pantauan kita ada aktivitas meningkat kita turunkan, baik di pasar maupun supermarket," tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan informasi 2 WNI positif Corona. Dua orang itu berasal dari Depok, Jawa Barat, yakni seorang ibu (64) dan putrinya (31). Saat ini keduanya dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Tak lama setelah informasi disampaikan, warga DKI Jakarta pun mulai menyerbu pusat perbelanjaan. Salah satu pusat perbelanjaan yang diserbu ada di kawasan SCBD. Antrean di pusat perbelanjaan itu sempat mengular pukul 17.30 WIB, Senin (2/3/2020). Barang sembako menumpuk di troli-troli pembeli.

Salah satu warga yang antre, Rahman, mengatakan dirinya memborong sejumlah kebutuhan pokok di supermarket ini. Hal ini, sebutnya, dilakukan karena wabah virus Corona.

"Iya karena terkait virus Corona itu. Ya barang barang kebutuhan pokok aja, banyak ini saya beli," kata Rahman.

Sumber: detik.com
Editor: Yudha