Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hamid Rizal Minta Kepala Desa Pahami Integrasi Persoalan dan Isu Gender
Oleh : Kalit
Rabu | 26-02-2020 | 19:52 WIB
integritas-1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Bupati Drs H Abdul Hamid Rizal, saat membuka secara resmi Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender Bagi Aparatur Desa se-Kabupaten Natuna. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Pemerintahan di tingkat desa perlu menyusun perencanaan pembangunan perempuan, supaya lebih berdayaguna dan mampu melaksanakan peran dan fungsinya secara optimal di keluarga, serta mampu meningkatkan kapasitas dan keterampilannya dalam bermasyarakat.

Demikian disampaikan Bupati Natuna, Drs H Abdul Hamid Rizal, saat membuka secara resmi Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender Bagi Aparatur Desa, yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Natuna, di Hotel Tren Central, Jalan Pramuka, Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, pada Rabu (26/02/2020) pagi.

Oleh karna itu, Hamid Rizal berharap, perlu kiranya para Kepala Desa memahami betul bagaimana mengintegrasikan persoalan dan isu gender ini di dalam perencanaan pembangunan desa, sehingga nantinya dapat meningkatkan kualitas pembangunan yang lebih setara antara laki-laki dan perempuan.

Sementara itu, Kepala DP3AP2KB, melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yuli Rhamadanita menjelaskan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para peserta yang berkaitan dengan konsep gender, pengarusutamaan gender, PPPG dam ARG serta meningkatkan keterampilan peserta dalam menggali isu-isu perempuan dan anak di tingkat desa.

Adapun jumlah peserta sebanyak 94 orang, yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Staf yang ada di Pemerintah Desa se-Kabupaten Natuna.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari itu, turut dihadiri Asisten Administrasi Umum, para Pimpinan Organisasi Perangkat Desa (OPD), para Camat dan Kepala Desa, serta para tamu undangan lainnya. (*)