Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SMAN 1 Singkep Jadi Sekolah Ramah Anak
Oleh : Wandy
Sabtu | 22-02-2020 | 13:52 WIB
smn1-lingga.jpg honda-batam
Deklarasi Sekolah Ramah Anak di SMAN 1 Singkep Kabupaten Lingga. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Lingga - SMA Negeri 1 Singkep dinobatkan menjadi Sekolah Ramah Anak oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lingga. Sabtu (22/2/2020).

Penobatan SMAN 1 Singkep menjadi sekolah ramah anak ditandai dengan pembacaan naskah deklarasi sekolah ramah anak oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Singkep Hazirun dan diikuti oleh seluruh siswa.

Usai pembacaan naskah deklarasi sekolah ramah anak dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi.

Hazirun mengatakan, pihaknya bersyukur dapat menjadikan sekolah SMAN 1 Singkep sebagi sekolah ramah anak. Tentunya ini menjadi dorongan bagi para guru dan siswa untuk menciptakan kenyamanan dilingkungan sekolah.

"Tentunya kita ingin memberikan kenyamanan kepada para siswa kita agar mereka lebih nyaman dalam belajar. Maka dengan dinobatkan sebagai sekolah ramah anak tentu ini menjadi mendorong kita bersama menjadi lebih baik ke depannya," kata Hazirun

Sementara itu, PLT Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lingga Kisanjaya mengatakan, sekolah ramah ini merupakan program dari pemerintah pusat namun di Kabupaten Kota yang wajib mendukung program tersebut.

"Jadi kita harapkan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Lingga ini menjadi sekolah ramah anak. Kalau sudah masuk kategori sekolah ramah anak maka mereka akan nyaman untuk belajar," kata Kisanjaya.

Menurut Kisanjaya jika adanya sekolah ramah anak otomatis harus didukung oleh semua OPD dalam rangka untuk menciptakan sekolah yang nyaman serta ramah akan lingkungan.

"Kita dari Dinsos P3A Lingga hanya sebagai wadah bagi kawan-kawan kita di dinas terkait. Seperti Dinas LH, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kebudayaan. Jika ada wadah maka sekolah ramah anak otomatis harus didukung oleh semua OPD," bebernya

Kisanjaya menjelaskan, sekolah ramah anak ini sudah ada sejak awal 2015 lalu, namun Kabupaten Lingga baru bergerak di 2017. Jadi dari 2017-2019 baru 24 sekolah yang sudah melaksanakan sekolah ramah anak.

"Dan 2020 ini kita baru 5 sekolah yakni SDN 001 Daik, SMP N 1 Daik, SDN 009 Singkep, SMPN 1 Singkep dan SMAN 1 Singkep," jelasnya.

Kisanjaya menargetkan di 2021akan meningkatkan lagi sekolah-sekolah untuk menjadi sekolah ramah anak.

"Maka kita menggesa dengan cepat agar semua OPD sudah mengarahkan bantu ini sekolah-sekolah yang sudah kita nobatkan sebagai sekolah ramah anak," tutupnya.

Editor: Dardani