PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Begini Cara Mudah Setel Rem Tromol Motor
Oleh : Redaksi
Rabu | 12-02-2020 | 11:40 WIB
rem-tromol-motor1.jpg honda-batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Motor bebek atau matik saat ini masih ada yang menggunakan rem belakang berjenis tromol. Meskipun tidak lebih canggih dibanding rem cakram, namun dengan pengaturan yang tepat pada peranti ini juga bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengendaranya.

Melansir laman resmi Federal Oil, menyetel rem teromol sangatlah mudah, dengan cara memutar mur penyetel di paha rem. Tapi, pemilik harus paham terlebih dulu cara dan patokan penyetelannya agar tepat.

Umumnya, pedal rem membutuhkan jarak main antara 20 mm sampai 30 mm. Pasalnya, jika terlalu dalam dipastikan kaki kanan atau tuas kiri rem pada motor matik akan tidak nyaman saat pengoperasiannya. Selain itu, bahaya juga mengintai ketika melakukan pengereman dengan kondisi yang tidak tepat.

Jika sudah disetel, pastikan jarak mainnya sesuai, jangan sampai terlalu keras karena akan membuat kampas rem terus bergesekan dengan tromol yang membuat masa pakainya cepat berakhir.

Kunci yang dibutuhkan untuk memutar mur penyetelan rem tromol berbeda-beda, umumnya menggunakan kunci 12 atau 14. Bahkan, ada beberapa motor yang mur penyetelnya berbentuk sayap kupu-kupu sehingga tidak memerlukan kunci untuk menyetel rem.

Sumber: Liputan6.com
Editor: Yudha