PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Demo Tolak Kenaikan Iuran BPJS, Ratusan Buruh Batam Konvoi Menuju Kantor Wali Kota
Oleh : CR3
Rabu | 12-02-2020 | 09:52 WIB
demo-buruh13.jpg honda-batam
Iring-iringan motor ratusan buruh yang bertolak ke Kantor Walikota Batam untuk berdemo, Rabu (12/2/2020). (Foto: Paschall RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan buruh dari berbagai serikat pekerja di Kota Batam konvoi dari kawasan Mukakuning, menuju Kantor Wali Kota Batam untuk melakukan aksi demo, Rabu (12/2/2020).

Pantauan BATAMTODAY.COM, dengan menggunakan kendaraan bermotor, ratusan buruh tersebut mulai bergerak menuju Batam Center sejak pukul 09.00 Wib lengkap dengan atribut aliansinya masing-masing.

Mereka berkumpul di depan Halte Panbil Mall, Mukakuning melewati Simpang Kepri Mall menuju Kantor Wali Kota Batam.

"Sejak pagi tadi kami berkumpul. Kami tergabung dari berbagai aliansi buruh," kata Yoseph, seorang peserta aksi di halte Panbil Mall, Rabu (12/2/2020).

Ia menjelaskan, Seluruh buruh ini berasal dari kawasan industri Batamindo, dari Tanjunguncang yang berangkat bersamaan ke Kantoe Wali Kota Batam untuk menyampaikan aspirasinya.

Ia menerangkan, seluruh masa aksi akan bergabung dengan serikat buruh dari berbagai kawasan di Kota Batam lainnya, untuk melakukan aksi unjuk rasa.

"Kami akan menyampaikan beberapa tuntutan kepada pemerintah, karena dalam mengambil suatu kebijakan sudah sangat meresahkan buruh-buruh di Indonesia, khususnya di Kota Batam. Seperti, menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan, menolak revisi Undang-undang nomor 13 Tahun 2003, dan menagih janji revisi Peraturan Pemerintah nomor 78 Tahun 2015," ungkapnya.

Hingga berita ini diturunkan, ratusan buruh ini masih dalam perjalanan menuju Kantor Walikota Batam, di Jalan Engku Putri Batam Center.

Sementara, akibat konvoi kendaraan tersebut, arus lalulintas dari arah Mukakuning menuju Batam Center mengalami kemacetan yang cukup parah.

Editor: Yudha