Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemerintah Larang WNI ke China dan Turis China ke Indonesia
Oleh : Redaksi
Minggu | 02-02-2020 | 18:04 WIB
konpers_melu_halim1.jpg Honda-Batam
Konperensi pers Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Bandara Halim Perdana Kusuma (Foto: Istiimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pemerintah melarang Warga Negara Indonesia (WNI) untuk mengunjungi China sebagai antisipasi atas meluas penyebaran virus corona di negara tersebut.

"Pemerintah meminta warga negara Indonesia untuk sementara tidak melakukan perjalanan ke mainland China (China daratan)," kata Menlu Retno LP Marsudi usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Minggu (2/2/2020).

Retno menyampaikan pernyataan tersebut dengan didampingi Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menkum HAM Yasonna Laoly, serta Kepala BNPB Doni Murnado

Retno mengatakan seluruh penerbangan langsung dari dan ke China juga akan ditunda. Penundaan dilakukan sementara waktu hingga waktu yang belum ditentukan.

"Penerbangan langsung dari dan ke mainland RRT (China) ditunda untuk sementara," kata Retno.

Penerbangan dari dan ke China akan ditunda sementara mulai Rabu, 5 Februari 2020 mendatang. "Mulai hari Rabu pukul 00.00," ujarnya.

Selain itu, Pemerintah Indonesia juga melarang turis dari China untuk masuk ke Indonesia setelah ancaman penyebaran virus corona semakin meluas.

Namun tidak semua terkena larangan, tapi hanya ditujukan bagi pendatang yang dari daratan China dan sudah berada di sana selama 14 hari tak diizinkan ke Indonesia.

"Semua pendatang yang tiba dari mainland China dan sudah berada di sana selama 14 hari untuk sementara tidak diizinkan untuk masuk dan melakukan transit di Indonesia," ujar Retno.

Editor: Surya