Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kadin Batam Beri Pelatihan Teknis Penggunaan Situs Promosi
Oleh : Ocep
Rabu | 25-04-2012 | 18:19 WIB

BATAM, batamtoday - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batam akan melaksanakan pelatihan teknis penggunaan situs promosi kepada para pelaku UKM yang menjadi anggota Kadin mulai Mei 2012 mendatang.

Nada Faza Soraya, Ketua Kadin Batam mengatakan, pihaknya sudah mulai menyiapkan kebutuhan teknis dalam pengoperasian situs promosi resmi Kadin kepada para pelaku UKM.

"Kami akan memberikan pelatihan penggunaan web kepada para pelaku UKM yang menjadi anggota Kadin," ujarnya, Rabu (25/4/2012).

Dijelaskannya, pelatihan tersebut meliputi cara menggunakan akses internet, mendaftar akun keanggotaan situs dan bagaimana cara menampilkan produk-produk pada laman situs.

Kegiatan pelatihan ini rencananya akan dilaksanaka mulai Mei 2012 di Sekretariat Kadin Batam, Batam Cetre, secara cuma-cuma.

Peserta akan diberi pemahaman teknis secara langsung oleh Barterfli Holding Pte Ltd, sebuah perusahaan pengelola pemasaran internet (e-commerce) asal Singapura yang bekerjasama dengan Kadin Batam dalam pengelolaan situs promosi tesebut.

Untuk tahap awal, pelatihan ini akan diberikan kepada 30 UKM yang sudah terdaftar menjadi anggota Kadin Batam dimana mereka akan mengikuti pelatihan sebanyak 10 peserta per gelombang.

Adapun pelatihan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan seiring penambahan jumlah pelaku UKM yang menjadi anggota Kadin Batam.

Seperti diketahui, pada 27 Februari lalu Kadin Batam telah meluncurkan situs promosi untuk memfasilitasi aktivitas perdagangan industri mikro, kecil dan menengah para anggotanya.

Menurut Nada, situs ini sangat diperlukan para pelaku UKM di Batam untuk dapat masuk ke pasar global khususnya menghadapi komunitas perdagangan ASEAN pada 2015 mendatang.

"Pasar ASEAN sangat penting karena bisa serta merta membuka usaha tanpa harus mengalami hambatan di negara-negara ASEAN," jelasnya.

Dengan adanya pelatihan tersebut dia mengharapkan para pelaku UKM anggota Kadin Batam dapat segera memaksimalkan penggunaan situs tersebut untuk mempromosikan produk-produknya.