Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Audiensi dengan KPPAD

Wabup Ngesti Harapkan Kepedulian Semua Pihak Selamatkan Generasi Penerus Bangsa
Oleh : Kalit
Jum\'at | 31-01-2020 | 09:28 WIB
ngesti11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti, memimpin audiensi bersama Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Kabupaten Natuna, di ruang Rapat Wakil Bupati Natuna, selasa (21/1/2020) pagi.

Turut hadir Ketua KPPAD dan Anggota. Selain itu, Ngesti juga didampingi Asisten Administarsi Umum Sekretariat Daerah, Izwar Asfawi dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Keluarga Berencana, Rika Asmi,

Dalam sambutannya, Ngesti menyampaikan apresiasi atas prakarsa KPPAD melakukan audiensi kali ini, sehingga informasi yang dihimpun di lapangan, terutama terkait berbagai permasalahan anak dapat dibahas secara lebih fokus.

Menurut Ngesti, terdapat problema terkini di tengah masyarakat, terutama terkait tahap pertumbuhan anak yang dirasa mempengaruhi proses pengembangan mental, akhlak dan karakter yang pada gilirannya menciptakan generasi yang tidak sesuai dengan jati diri masyarakat timur.

Diantara permasalahan tersebut, perkembangan teknologi informasi komunikasi, sebagian besar orangtua memberikan keleluasaan kepada anak untuk penggunaan gadget tanpa pengawasan. Karena disadari kemudahan informasi yang didapat juga memuat berbagai informasi yang dikhawatirkan merusak moral dan karakter anak.

"Hal diatas harus disikapi secara bijak, terutama bagi orangtua dan masyarakat sekitar, untuk melakukan control serta pengawasan. Tidak kalah pentingnya, masyarakat juga harus memberikan contoh tauladan yang baik untuk menyelamatkan sebuah generasi penerus pembangunan," ujarnya.

Kepada Pengurus KPPAD, Ngesti sangat berharap agar dapat membuat program kerja yang lebih mengacu pada membangun komunikasi melalui penyampaian informasi kepada masyarakat, sehingga pada gilirannya, orangtua maupun masyarakat dapat lebih dibangun kesadaran dan kepedulian, terutama dalam mewujudkan hak-hak anak.

Selain itu juga, Ngesti mengharapkan Dinas Pendidikan khususnya dapat meningkatkan sekaligus melindungi profesi guru dalam melaksanakan tugasnya. Mengupayakan agar wibawa seorang guru dapat terbangun, sehingga tercipta kembali penghormatan murid atas keberadaan serta jasa para guru, baik di sekolah maupun dalam pergaulan di tengah masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama Ketua KPPAD Kabupaten Natuna, Sulaiman, menyampaikan saat ini Kabupaten Natuna dihadapkan pada kejadian luar biasa yang dialami anak, baik pencabulan, kenakalan remaja dan berbagai kasus lainnya yang disebabkan terjadinya perceraian orangtua.

Sulaiman mengakui, informasi tersebut didapat dari berbagai sumber yang dihasilkan dari pantauan di lapangan. "Kondisi tersebut sudah sangat memprihatinkan dan perlu strategi khusus untuk menyikapi hal tersebut," terangn Sulaiman.

Adapun program kerja yang sudah dijalankan KPPAD sejauh ini diantaranya peninjauan langsung di desa-desa melalui kegiatan sosialisasi yang dirasa lebih tepat sasaran untuk menyampaikan informasi dengan target program di antaranya orangtua dan keluarga serta pemangku kepentingan di tingkat desa.

Dengan program tersebut, KPPAD Kabupaten Natuna berharap dapat membangkitkan kepedulian bersama, terutama dalam mendukung proses pertumbuhan anak yang lebih ideal serta mewujudkan hak-hak anak sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Editor: Chandra