Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bisnis Oleh-oleh di Batam, Seharum Aroma Kek Buah Naga
Oleh : Mg
Rabu | 25-04-2012 | 16:14 WIB
318512_188313931242214_100001908269092_441939_3184843_n.jpg Honda-Batam

Melani Natasya (Tengah), Foto:batamtoday

BATAM, batamtoday - Perkembangan bisnis oleh-oleh khas Batam mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Setidaknya sudah beberapa produk khas diciptakan enterpreneur di kota ini dalam beberapa tahun terakhir, salah satunya, Aroma kek buah naga yang dirintis dua sejoli, Beni Saputra dan Melani.

Bahkan demi mengembangkan usaha tersebut, Melani yang juga mantan model Batam itu memilih pensiun dini dari Bank BTN yang sempat menjadi gantungan karirnya.

Tepat, pilihan tersebut ternyata membuahkan hasil fantastis. Hanya berselang sembilan bulan, dari satu gerai Aroma yang menawarkan produk unggulan kek buah naga, kini berkembang menjadi 9 gerai dan tersebar di seluruh Batam. Harumnya kek buah naga, seolah seharum bisnis yang ditekuni Ibu satu anak ini.

"Alhamdulillah, belum sampai setahun, tepatnya sembilan bulan kita sudah memiliki sembilan gerai di Batam," kata Melani kepada Batamtoday, Rabu(25/4/2012).

Menurut Melanie, ide membuat bisnis kek buah naga muncul setelah mengamati kondisi di Kota Batam yang memiliki sentra buah naga. Ketersediaan bahan baku buah naga cukup melimpah. Sudah bertahun-tahun petani Barelang menghasilkan buah naga dimana setiap bulannya puluhan ton dijual keluar daerah.

"Kemudian terbesitlah ide membuat kek buah naga, karena bahan baku melimpah, dan potensi pasar yang luar biasa tentunya," ujarnya sembari memberikan gambaran omset yang besar, meski tidak menyebutkan secara rinci.

Buah naga sendiri, lanjut Melani, memiliki khasiat kesehatan yang banyak. Sehingga makanan yang diproduksi Aroma, tentu saja sangat menyehatkan. 

"Dari sisi kesehatan, buah naga memiliki khasiat penetral gula darah dalam tubuh, jadi makanan yang kami produksi ini tidak mengurangi khasiat tersebut," jelas mantan artis Sinetron Ikhlas yang sempat populer di SCTV itu.

Ketika ditanya mengenai apa rahasia sukses pengembangan Aroma di Batam, Melani hanya menjawab singkat, berkah kekeluargaan. Karena dari awal berdirinya gerai Aroma, semua managemen dan pengelolaannya termasuk branding dan pengembangan produknya dilakukan oleh seluruh keluarga besar. 

"Tidak ada rahasia tertentu, kami hanya melakukan pengembangan bersama-sama, mereka yang terlibat disini adalah keluarga besar kami, jadi mungkin berkah keluarga," kata alumnus SMU Harmoni ini.