Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Murid TK dan Paud Kecamatan Sekupang Ikuti Manasik Haji
Oleh : CR3
Rabu | 29-01-2020 | 10:40 WIB
manasik-haji11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pelajar TK dan Paud yang menjadi peserta manasik haji di Asrama Haji Batam Center, Rabu (29/1/2020). (Foto: Paschall Rh)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan anak - anak dari berbagai sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) sekecamatan Sekupang, Kota Batam, mengikuti manasik haji di Asrama Haji, Batam Center, Rabu (29/1/2020) pagi.

Menurut seorang Guru pendamping, Ibu Neng, dari TK Mutiara Bunda, bimbingan mansik haji tingkat dini digelar sebagai pembelajaran dan bekal anak usia dini, agar kelak mereka mengenal ibdah haji yang merupakan rukun Islam kelima.

"Bimbingan manasik haji untuk anak-anak usia dini, bertujuan untuk mengenalkan kepada anak-anak PAUD dan TK tentang bagimana tatacara pelaksanaan haji yang baik dan benar," kata Neng.

Selain itu, kata Neng, kagiatan manasik haji yang diselenggarakan oleh Himpunan Ikatan Guru Paud Se-Indonesia (Hipmi) Batam adalah untuk menanamkan nilai - nilai religius dan akhlak serta memberikan edukasi bagaimana tata cara beribadah, khususnya Ibadah Haji.

Meski disengat teriknya matahari pagi, anak-anak cukup antusias dan semangat mengikuti tiap rangkaian kegiatan haji, seperti Tawaf mengelilingi Ka'hbah, Sa'i atau lari-lari kecil dari Bukit Shafa Sawa ke Marwa dan sebaliknya.

"Kegiatan mansik haji ini semata-mata mau mengajarkan kepada anak-anak tentang arti kesabaran, dimana caranya mengantri, melakukan Tawaf serta bagaimana tata cara menaiki bukit Safa, itu semua kan ada tata caranya," imbuhnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan, anak-anak dapat mengenal setiap tahapan haji dan umroh sejak dini, mengingat anak usia dini merupakan periode emas pertumbuhan.

"Alhamdulillah untuk anak-anak PAUD maupun TK, minimal setiap satu tahun sekali menggelar kegiatan bimbingan haji seperti ini," tukasnya.

Pantauan BATAMTODAY.COM, Hingga saat ini kegiatan masih berlangsung, namun bagi peserta yang telah selesai mengikuti kegiatan manasik haji diperbolehkan pulang.

Editor: Yudha