PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Jangan Cemas, Ini Saran Kapolsek Sei Beduk Antisipasi Pelaku Hipnotis
Oleh : Hendra Mahyudi
Selasa | 28-01-2020 | 13:40 WIB
ilustrasi-hipnotis.jpg honda-batam
Ilustrasi. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Viralnya kasus hipnotis di wilayah hukum Kecamatan Sei Beduk, membuat warga menjadi cemas. Beberapa orang menyatakan diri telah menjadi korban. Sementara itu, pihak kepolisian masih mendalami kasusnya.

Kapolsek Sei Beduk, AKP Daniel Ganjar, mengimbau kepada warga agar tetap tenang dan jangan terpancing hingga menjadi cemas yang berlebihan. Karena, kecemasan tersebut akan mempermudah pelaku dalam beraksi.

"Kita harap masyarakat tetap tenang dan jangan cemas berlebihan. Kita sedang mendalami kasus ini," ujarnya, Selasa (28/1/2020).

Kepada BATAMTODAY.COM, Daniel juga mengatakan trik-trik tertentu demi antisipasi awal agar terhindar dari pria misterius pelaku hipnotis tersebut.

"Pertama adalah selalu terjaga dan waspada setiap saat. Sikap ini penting dilakukan kepada orang asing yang mendekat dan mengajak bicara. Jangan berfokus pada apa yang dia bicarakan karena biasanya hipnotis berawal dari sana," terangnya.

Kemudian yang kedua, selalu menjaga jarak dan usahakan jangan langsung terkenal kontak fisik terutama seperti tepukan pada pundak, karena seperti yang sering dilihat tepukan pada pundak merupakan cara awal kegiatan hipnotis berjalan.

Ketiga, jangan melamun dan panik, karena orang-orang dengan pikiran kosong seperti melamun sangat mudah terkena hipnotis dan begitu juga saat panik, karena saat pikiran kacau maka pelaku akan mudah memanipulasi pikiran korbannya dengan sugesti-sugesti yang mengarah pada hipnotis.

"Terakhir yang keempat usahkan terus berkomunikasi dengan orang lain yang dikenal, bisa tetangga atau teman dan minta mereka datang ke tempat kita berada atau bisa juga memantau dalam jarak tertentu sebagai langkah antisipasi," tutupnya.

Editor: Chandra