Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Maling Babak Belur Dihajar Warga Bida Ayu
Oleh : Gokli/Dodo
Selasa | 24-04-2012 | 11:43 WIB

BATAM, batamtoday - Dua pria pelaku pencurian di daerah Seibeduk, Irwansyah alias M Yusuf (28) dan Hasan (28) babak belur dihajar warga Perumahan Bukit Ayu Widuri blok B4, Senin (23/4/2012) sekitar pukul 20.30 WIB. 

Kedua pelaku tertangkap basah oleh Sri Irnawati (35) pemilik rumah kost Blok B4/15 saat menggasak perhiasan seberat 5,5 gram emas milik Zaki, salah seorang anak kost di rumah Sri. 

Menurut Sri, pencurian ini didalangi oleh Irwansyah dengan cara berpura-pura ngekost di rumah tersebut. Saat anak kost yang lain berangkat kerja, Irwansyah melancarkan aksinya bersama rekannya Hasan. 

"Irwansyah baru ngekost lima hari yang lalu, tapi saya perhatikan gelagatnya sudah lain," papar Sri, Selasa (24/4/2012). 

Pengakuan Irwansyah kepada warga, perhiasan milik Zaki diambil pada hari Minggu kemarin, saat ditinggal bekerja. Awalnya, Irwansyah memanggil Hasan yang tinggal di Bida Ayu blok R. Saat suasana lengang kedua pelaku langsung menggasak perhiasan Zaki.

"Pengakuan pelaku perhiasan itu diambil Minggu kemarin. Tapi, tak satu orang pun yang curiga terhadap pelaku saat itu," kata Sri. 

Dijelaskan Sri, setelah menaruh kecurigaan, dia bersama warga menggeledah kamar kost milik Irwansyah dan ternyata benar di dalam kamar itu mereka temukan tas yang berisi kalung emas milik Jaki, gembok dan kunci kecil 14 biji. Tak hanya itu, Sri bersama warga juga temukan kunci T dan pahat masing-masing tiga batang. 

Temuan tersebut lantas dilaporkan Sri ke pihak Polsek Seibeduk. Namun, polisi mengatakan barang bukti belum cukup untuk menangkap pelaku. Sri pun tak putus asa, dia nekat menanyakan langsung kepada Irwansyah setelah pulang kerja dari sebuah perusahaan di Mukakuning. 

"Saat Irwansyah pulang, saya langsung tanya. Irwasnya ngelak katanya barang tersebut bukan dia yang curi melainkan Hasan," jelas Sri. 

Warga yang sudah berkumpul di lokasi tak tinggal diam, Irwansyah langsung diamuk massa. Namun, Sri langsung menghubungi Polsi supaya Irwansyah diamankan dari amukan warga saat itu. Tak lama kemudian, Hasan rekan Irwansyah juga ditangkap beserta barang bukti lainnya. 

Kapolsek Seibeduk, AKP Firdaus membenarkan penangkapan kedua pelaku kemarin malam. Saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut. 

"Iya benar, pelaku sudah kita amankan beserta barang bukti. Kasus ini masih akan terus kita kembangkan," kata Firdaus.