Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekjen DPD RI Salurkan Bantuan Korban Banjir Pegawai di Lingkungan DPD RI
Oleh : Irawan
Minggu | 19-01-2020 | 09:04 WIB
dony_banjir_bantuan.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD RI Reydonnyzar Moenek menyerahkan langsung bantuan musibah banjir kepada pegawai di lingkungan DPD yang menjadi korban banjir (Foto: Humas DPD)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD RI Reydonnyzar Moenek menyerahkan langsung bantuan musibah banjir yang terjadi beberapa minggu lalu kepada pegawai di lingkungan DPD RI. Bantuan tersebut berasal dari kantong pribadi Ketua DPD RI, kas Dharma Wanita DPD RI, dan kas Korpri DPD RI.

"Musibah banjir memang tidak diharapkan oleh siapa pun. Namun itu sudah terjadi, maka terkait pristiwa itu kami segenap Pimpinan DPD RI, Dharma Wanita DPD RI, dan Korpri DPD RI kami merasa prihatin. Alhamdulilah Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti cepat merespon atas pristiwa ini,” ucap Reydonnyzar saat memberikan bantuan kepada pegawai di lingkungan DPD RI, Jakarta kemarin.

Menurut Reydonnyzar, bantuan sumbangan ini tidak ada artinya jika apa yang telah dialami baik itu kerugian materil dan moril. Namun dengan segala ketawakalan dan kesabaran atas musibah yang telah dihadapi ini bisa membawa berkah dan hikmah tersendiri bagi semua.

"Tetapi bagaimana ke depan kita harus bersiaga dengan musibah yang tidak dapat diduga ini. Namun Alhamdulilah musibah yang lalu bisa membawa berkah dan hikmah bagi kita," tuturnya.

Reydonnyzar menambahkan bantuan ini juga merupakan bentuk kebersamaan dalam kepedulian di lingkungan DPD RI.

"Disini kita tidak melihat status dan jabatannya mau PNS, PPNPN, atau outsourcing. Semuanya kita sama dan bersaudara," jelasnya.

Terkait sisa dana bantuan, sambungnya, yang telah terkumpul dari Ketua DPD RI, kas Dharma Wanita DPD RI, dan kas Korpri DPD RI akan dialokasikan untuk task force atau untuk bencana dan kedukaan.

"Nanti ini semua ada bentuk pertanggungjawabannya," kata Reydonnyzar.

Sementara itu, Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Jenderal DPD RI Adam Bahctiar menambahkan bahwa sebelumnya Ketua DPD RI juga telah menyalurkan sumbangan di Kelurahan Rawa Buaya, Jakarta Barat dan Kali Baru, Bekasi.

Bantuan diserahkan kepada pegawai di Lingkungan DPD RI baik itu PNS, PPNPN, maupun outsourcing yang mengalami musibah banjir.

"Kami melaporkan terkait penyaluran kali ini, terdapat donatur dari Ketua DPD RI sebesar Rp 100.000.000, kas Korpri DPD RI Rp 100.000.000, dan iuran anggota Korpri sebanyak Rp 10.580.000, sedangkan iuran dari Dharma Wanita DPD RI Rp 26.000.000. Jadi total untuk keseluruhan yang telah dikumpul sebesar Rp 236.580.000," tutur Adam.

Adam menjelaskan sementara dalam pembagian sumbangan ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu pertama ringan, kedua sedang, dan ketiga berat.

Untuk yang kategori ringan mendapatkan bantuan sebesar Rp 1.000.000, sedang Rp 2.000.000, berat Rp 4.000.000.

"Sementara untuk kategori berat ada 24 orang, sedang 40 orang, dan yang ringan 22 orang. Jadi total 86 orang. Dari 86 orang yang terkena musibah ini maka kita menyalurkan Rp 198.000.000. Jadi masih ada dana sisa Rp 38.580.000," kata Adam.

Adam mengatakan tadinya Sekretariat Jenderal DPD RI berencana akan membagi habis dana yang telah diterima. Namun karena saat ini sering hujan maka disisihkan untuk nanti.

"Bukan kita mengharapkan banjir, namun dana sisa ini untuk berjaga-jaga. Karena menggumpulkan dana segar dengan cepat agak terlalu susah," jelasnya.

Dalam acara bantuan musibah banjir ini, turut hadir Deputi Bidang Persidangan Sefti Ramsiaty, dan para pejabat eselon II lainnya, serta segenap Aparatur Sipil Negara di lingkungan Sekretariat Jenderal DPD RI.

Editor: Surya