PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kemenag Kembali Gelar Syiar Anak Negeri, Ajang Kompetisi Siswa MA
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 10-01-2020 | 19:28 WIB
syiar-anak-negeri.jpg honda-batam
Menteri Agama terima kunjungan kerja Metro TV terkait Pendidikan Madrasah kerja sama dengan Direktur KSKK. (Kemenag)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Agama kembali menggelar Program Syiar Anak Negeri untuk ketiga kalinya pada 2020 ini.

Syiar Anak Negeri merupakan ajang pencarian bakat remaja untuk berdakwah, baik melalui syiar maupun syair. Ajang ini menguji bakat peserta dalam penyampaian khotbah/ceramah, dongeng islami, dan juga nasyid.

Sama seperti dua gelaran Syiar Anak Negeri terdahulu, Kemenag kembali menggandeng Media Group sebagai partner. Kesiapan Media Group untuk terlibat dalam kegiatan ini disampaikan Chief HRD Media Group News Avi Pranantha saat bertemu Menteri Agama Fachrul Razi di Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

"Ini tahun ketiga kami menyelenggarakan program syiar anak negeri. Program syiar dan syair ini merangkul siswa Madrasah Aliyah (MA), dan tanggapannya sungguh luar biasa," kata Avi, Jumat (10/01/2020) seperti dilansir laman resmi Kemenag RI.

Menurut Avi, program yang digawangi Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Kemenag ini, pada 2020 akan membuka seleksi di enam kota besar di Indonesia. "Seleksinya akan merambah ke enam kota besar yakni Banjarmasin, Semarang, Makassar, Bandung, Surabaya dan Medan," jelas Avi.

Bersama Avi, turut hadir CEO Media Group Mohamad Mirdal Akib beserta jajarannya. Mirdal menyampaikan, selain Syiar Anak Negeri, Media Group juga siap untuk mengawal program-program Kemenag lainnya.

"Kita akan terus mengawal program program kementerian agama khususnya tentang toleransi antar umat beragama. Juga mempersiapkan program program termasuk ekonomi umat, ekonomi syariah agar supaya potensi yang besar itu bisa terealisasi dengan real," kata Mirdal.

"Ini menjadi salah satu komitmen Media Group. Ini sudah dijalankan Media Group bagaimana hubungan antar umat beragama berjalan harmonis," tandasnya.

Menag Fachrul Razi mengapresiasi keterlibatan Media Group dalam publikasi maupun penyelenggaraan program terkait kerukunan umat beragama di Indonesia. "Terima kasih selama ini Media Group telah mensupport Kementerian Agama dengan program-program khususnya," ucap Menag.

Menag berharap hal semacam ini pun dapat ditiru oleh media lainnya. "Tidak hanya program peringatan hari besar keagamaan, tapi juga program yang menunjukkan prestasi-prestasi siswa madrasah," harap Menag.

Sementara, terkait program Syiar Anak Negeri, Menag berharap pemenangnya dapat memiliki kesempatan untuk tampil di Istana Negara. "Saya berharap mereka yang juara bisa menunjukkan kemampuannya di Istana pada saat peringatan keagamaan," kata Menag.

Hadir mendampingi Menteri Agama, Plt Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Ali Rokhmad, Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Dirjen Pendis, Umar dan Sekretaris Menteri Agama Khoirul Huda.

Editor: Gokli