Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pengrajin Anyaman Pandan Pulau Panjang Butuh Pasar
Oleh : Putra Gema
Jum\'at | 10-01-2020 | 18:52 WIB
anyaman-pandan.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kopda Anisar Nasution, Babinsa 04 Kelurahan Sijantung Koramil 04/Galang saat berkunjung ke pengrajin anyaman pandan di Pulau Panjang, Kecamatan Galang, Kota Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Babinsa 04 Kelurahan Sijantung, Koramil 04/Galang, Kopral Dua (Kopda) Anisar Nasution, mengunjungi pengrajin anyaman pandan yang digeluti masyarakat Pulau Panjang.

Kunjungan Babinsa Anisar Nasution, Jumat (10/1/2020), itu merupakan silaturahmi dengan masyarakat Pulau Panjang, sekaligus memberi motivasi kepada pengrajin pandan untuk terus meningkatkan produktifitasnya.

Kopda Anisar Nasution, yang mendatangi salah seorang pengrajin, Mardiah, mengatakan, kunjungan tersebut merupakan komunikasi sosial (Komsos) antara TNI dan masyarakat demi meningkatkan produktivitas masyarakat Pulau Panjang, Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang.

"Saya sangat bangga dengan Ibu Mardiah ini, karena saat ini dirinya masih menjalani aktivitas pengrajin anyaman pandan. Ini merupakan kerajinan tradisional," kata Anisar melalui telepon selulernya, Jumat (10/1/2020).

Ia menjelaskan, kerajinan tradisional ini dapat terus dipertahankan serta dipelihara agar dapat terus mengalami peningkatan yang baik. Hal ini karena sudah jarangnya pengrajin anyaman pandan yang dapat dijumpai saat ini.

Anisar berharap, kerajinan tradisional ini dapat dipasarkan secara luas. Selain terus melestarikan kerajinan tradisional, hal tersebut juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat Pulau Panjang.

"Saya harapkan ini dapat terus berkembang dan anyaman pandan ini dapat kembali dikenal secara luas," tegasnya.

Editor: Gokli