Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jokowi Tegaskan Natuna Mutlak NKRI, Tak Ada Tawar-menawar
Oleh : Kalit
Rabu | 08-01-2020 | 15:40 WIB
jokowi_natuna_kalit.jpg Honda-Batam
Presiden Joko Widodo berkunjung ke Natuna, Kepulauan Riau (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna -Presiden Joko Widodo menegaskan, Natuna dan lautnya merupakan wilayah Negara Kedaulatan Republik Indonesia (NKRI), bukan milik China.

"Natuna itu mutlak NKRI" ucap Jokowi saat di Pelabuhan Sentra Kelautan dan Perikanan di Selat Lampa, Natuna, Rabu (8/1/2019).

Jokowi menambahkan, dalam urusan kedaulatan, tidak ada kata tawar menawar. Ia menerangkan, Negara akan hadir untuk mempertahankan kedaulatan laut Natuna Utara dari ancaman kapal kapal ikan asing.

Lanjut Jokowi, setelah menanyakan langsung dengan Panglima TNI terkait kehadiran kapal ikan asing dilaut Natuna, ia memaparkan, bahwanya, kapal kapal ikan asing tidak berada di wilayah zona teritorial laut Natuna.

"Kapal tersebut berada di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Bukan di laut Natuna, mereka hanya bisa melintas, namun bila mereka tangkap ikan, kita akan tangkap" ucap Jokowi.

Jokowi juga menjelaskan, tidak ada yang perlu diperdebatkan lagi, Natuna adalah Indonesia. Kabupaten Natuna dengan jumlah penduduk 81 ribu yang dipimpin oleh Bupati Natuna adalah mutlak Indonesia.

Editor: Surya