Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Tampang Istri yang Jadi Otak Pembunuh Hakim Jamaluddin
Oleh : Redaksi
Rabu | 08-01-2020 | 13:16 WIB
otak-pembunuh-hakim.jpg Honda-Batam
Istri yang menjadi otak pembunuhan hakim di Medan dihadirkan dalam ekspose. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Medan - Istri hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan Jamaluddin, Zuraida Hanum, hanya menunduk saat diekspos polisi. Ia diduga menjadi otak pembunuhan terhadap suaminya.

Zuraida dihadirkan dalam jumpa pers di Polda Sumatera Utara (Sumut), Rabu (8/1/2020). Zuraida yang mengenakan hijab warna hitam dan baju tahanan hanya menunduk. Zuraida dikawal 2 anggota Polwan. Tampak mukanya pucat pasi.

Selain Zuraida, Polda Sumut menghadirkan 2 eksekutor yaitu JL dan R. Keduanya juga mengenakan baju tahanan dan terus menundukkan kepala.

Diduga Jamaluddin dibunuh di rumahnya pada Kamis (28/11/2019) dini hari. Zuraida dibantu oleh JL dan R.

Setelah dibunuh, mayat Jamaluddin dimasukkan ke mobil dan keluar menjelang subuh. Untuk menghilangkan jejak, mobil ditabrakkan di daerah kebun sawit di Kutalimbaru, Deli Serdang. Seakan-akan Jamaluddin jadi korban perampokan.

Mayat Jamaluddin baru ketahuan 20 jam setelahnya. Polisi langsung bergerak dan melacak siapa yang membunuh hakim itu.

Setelah sebulan lebih bekerja, polisi menetapkan Zuraida sebagai tersangka dan menduga Zuraida menjadi otak pembunuhan itu.

Humas PN Medan, Erintuah Damanik, berterima kasih kepada polisi. Dia bersyukur kasus ini akhirnya terungkap.

"Terima kasih kepada pihak kepolisian yang udah capek-capek, akhirnya terungkap," kata Erintuah saat dihubungi, Selasa (7/1/2020).

Dia mengatakan sejak awal sudah ada dugaan keterlibatan orang dalam. Namun, dirinya mengaku enggan bicara karena masih menunggu bukti lebih lanjut.

"Dari awal kan sebetulnya dugaan ke situ, hasil forensiknya kan ke situ, orang dalam. Cuma kan kita nggak berani kalau tidak ada bukti, karena kita orang hukum," jelas Erintuah.

Sumber: Detik.com
Editor: Chandra