Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Kejahatan Geng Motor, Polisi Batam Lakukan Langkah Preventif
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Sabtu | 21-04-2012 | 12:34 WIB
kombes-karyoto-pam.gif Honda-Batam

Kapolresta Barelang, Kombes Pol Karyoto.

BATAM, batamtoday - Maraknya kasus kejahatan yang melibatkan anggota geng motor di berbagai daerah di Indonesia saat ini, pihak Kepolisian Polresta Barelang ikut memberikan atensi yang sama di Batam. 

Kapolresta Barelang, Kombes Pol Karyoto menegaskan pihaknya lebih memilih cara preventif dalam penanganan kasus ini terhadap anak-anak geng motor yang sering melakukan aksi balap liar sehingga meresahkan masyarakat dan pengguna jalan di Batam. 

"Kita lebih memilih langkah preventif dalam menanggapi permasalah geng motor di Batam ini," ujar Karyoto, Sabtu (21/4/2012). 

Karyoto menambahkan, langkah tersebut diambil untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan seperti terjadi kecelakaan jika pihak kepolisian melakukan pengejaran terhadap mereka dalam razia di lapangan. 

"Kita tak mau ambil resiko jika ada korban dari mereka nanti bila kita melakukan pengejaran dalam razia di lapangan," terangnya. 

Disinggung batamtoday, apakah ada hukuman yang diberikan kepada anggota geng motor ini jika tertangkap tangan sedang melakukan balap liar sehingga dapat memberikan efek jera. 

"Hukuman untuk memberikan efek jera pasti kita lakukan seperti menahan sepeda motor dan memanggil orang tua mereka, sehingga kedepan tak ada lagi balap liar di jalanan di Batam," lanjutnya. 

Guna lebih mensosialisakan itu, lanjut Karyoto, pihaknya akan menurunkan anggota untuk memberikan sosialisasi ke sekolah-sekolah tentang bahaya aksi balap liar ini bagi keselamatan mereka maupun orang lain. 

"Sosialisasi ke sekolah-sekolah lebih kita kedepankan, dan intinya pengawasan dari orang tua dan keluarga yang terpenting dalam meminalisir maraknya kasus ini," pungkas Karyoto.