Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gandeng Singtel, Grab Bikin Bank Digital di Singapura
Oleh : Redaksi
Selasa | 31-12-2019 | 11:40 WIB
grab14.jpg Honda-Batam
Perusahaan transportasi online Grab.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Perusahaan transportasi online Grab menggaet operator telekomunikasi Singtel untuk mendapat lisensi bank digital di Singapura.

Dalam pernyataan bersama, Senin (30/12/2019), kedua perusahaan bakal membentuk konsorsium dimana Grab memegang 60 saham dan dan 40 persen saham milik Singtel.

Bank ini menurut Grab bakal menyasar usaha kecil menengah dan mereka yang baru mengenal dunia digital dan kesulitan mendapat kredit dari bank konvensional.

Meski awalnya bisnis utama Grab adalah layanan transportasi online, namun belakangan Grab gencar melebarkan sayap usaha mereka. Mulai dari pengiriman makanan, layanan finansial, hingga mengakuisisi Kudo yang banyak menaungi warung-warung digital di Indonesia.

"Dalam dua tahun belakangan, kami telah meluncurkan dan memperbesar layanan finansial seperti e-money, peminjaman, dan distribusi asuransi di ekosistem fintech terbesar di Asia Tenggara," jelas Reuben Lai, senior managing director at Grab Financial Group dalam pernyataan seperti dikutip CNBC.

Sehingga menurutnya, langkah alami berikutnya adalah membangun bank digital.

"Kami ingin mengubah (cara interaksi) konsumen dan perusahaan perbankan secara besar-besaran," jelas Arthur Lang, Chief Executive Officer International Group Singtel, seperti dikutip South China Morning Post.

Sementara itu perusahaan telekomunikasi Singtel juga tengah memperluas bisnis di luar layanan tradisional miliknya yakni telekomunikasi seluler.

Sebelumnya, operator telekomunikasi ini telah meluncurkan pembayaran digital Dash Mobile Wallet dan layanan keamanan siber.

Sebelumnya, di Indonesia, sempat berhembus isu kalau Gojek akan mengakuisisi Bank Artos sebagai batu loncatan perusahaan itu mendirikan Bank Gojek. Namun pihak Bank Artos telah menepis kabar ini.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha