Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Godok SOTK, Rudi Buka Kesempatan Bagi Seluruh Pegawai BP Batam Duduki Jabatan Baru
Oleh : Nando Sirait
Jum\'at | 20-12-2019 | 19:00 WIB
wako-rudi11.jpg Honda-Batam
Kepala BP Batam, H M Rudi. (Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi menggodok habis Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) BP Batam, Jumat (20/12/2019). Bahkan, Belakangan diketahui sebagian besar eselon II hingga IV di lingkungan BP Batam telah non job.

Rudi mengatakan, SOTK sudah diumumkan namun pelantikannya belum. Ia pun membuka peluang kepada pegawai BP Batam untuk mengajukan diri mengenai perubahan jabatan.

"Dengan persyaratan ketika jabatan diberikan harus dijalankan sebagaimana fungsinya. Yang bersangkutan juga akan diberikan pakta integritas nantinya," lanjutnya.

Sementara untuk SOTK di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Rudi mengaku pihaknya tengah menunggu arahan dari Plt Gubernur Kepri.

"Izinnya sudah turun, mudah-mudahan tanggal 28 ini selesai," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemko) Batam sudah mendapatkan surat terkait langkah strategis penyederhanaan birokrasi. Demikian hal ini diungkapkan Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad.

"Ada sejumlah arahan dari presiden di samping infrastruktur sampailah ke reformasi birokrasi. Di antaranya pemangkasan eselon ring," kata Amsakar.

Ia juga meminta agar Asisten teknis, Yusfa Hendri, Badan Pengelolaan Kepegawaian, Kabag Hukum, Kabag Organisasi untuk menginventarisir struktur organisasi yang ada saat ini. Dengan begitu, Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK) akan terpetakan.

"Mana yang jabatan yang tidak begitu tinggi beban kerjanya, mana yang sangat tinggi dan mana yang dimungkinkan digabungkan. Intinya kita sudah follow up. Arahan Presiden melalui perintah Pak Wali untuk melakukan langkah-langkah penyederhanaan di birokrasi ini," tuturnya.

Sejauh ini, kata Amsakar, pihaknya telah membentuk tim dan sudah bekerja. Bahkan diberikan deadline hingga Kamis (28/11/2019) lalu.

"Di bawah koordinasi Pak Yusfa seperti Camat, Lurah, Hukum, Organisasi, Humas. Dibawah koordinasi Pak Zaref seperti Administrasi Umum, Keuangan, Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah, dan Perlengkapan. Dibawah koordinasi Pak Pebrialin seperti seluruh dinas dan OPD yang tidak termasuk kedua hal itu. Punya mitra OPDnya masing-masing," paparnya.

Editor: Chandra