Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Axl Rose Minta Maaf kepada Warga Cleveland
Oleh : Redaksi/RollingStone
Kamis | 19-04-2012 | 12:26 WIB

NEW YORK, batamtoday - Axl Rose akhirnya meminta maaf kepada warga masyarakat kota Cleveland atas keputusannya untuk absen di malam upacara pelantikan Rock and Roll Hall of Fame pada Sabtu (14/4/2012) lalu. 

Kembali, melalui sebuah surat yang dikutip berbagai media di dunia, Axl juga menjelaskan mengapa ia absen dalam salah satu momen terpenting dalam hidupnya itu. 

Sebelumnya, pekan lalu pentolan Guns N’ Roses ini menulis surat pertama yang menyatakan dirinya menolak pelantikan dirinya ke dalam museum Rock and Roll Hall of Fame. 

Meskipun begitu, penolakan yang dianggap berbagai pihak sebagai pelecehan kepada masyarakat Cleveland, tempat dimana ajang tahunan itu berlangsung, tidak terlalu dipedulikan oleh pihak penyelenggara. Kenyataannya, ajang yang memasuki tahun ke-27 itu tetap berlangsung memukau. 

Para mantan personel Guns N’ Roses pun tetap hadir dan tampil habis-habisan di atas panggung, dengan bantuan vokalis Alter Bridge, Myles Kennedy yang mengisi lini vokal. 

Atas ketidakhadirannya, Axl pun lantas banyak menerima cemoohan dari para penonton yang hadir, menyaksikan rekan-rekan sebandnya kembali berkumpul. 

Berikut lampiran lengkap surat kedua Axl sebagaimana ia meminta surat ini untuk dimuat secara utuh di media-media : 

Kepada: Cleveland, Ohio, para penggemar Guns N’ Roses, dan siapapun yang menunjukkan dukungannya atas keputusan saya mengenai Rock and Roll Hall Of Fame. 

Saya sunguh-sungguh tidak punya rencana atau mengharapkan respon yang sangat positif dan dukungan publik atas keputusan saya berkaitan dengan Rock and Roll Hall Of Fame.  

Dengan segala kemurahan hati, solidaritas para penggemar, media, para penulis, dan artis lainnya, saya benar-benar merasa rendah hati, terpesona, dan luar biasa lega!  

Sejujurnya, saya pikir acara itu akan berlangsung dengan jalan lain. Seperti yang saya katakan, saya sangat tidak ingin mengecewakan siapapun. Sudah terlalu tua untuk menjadi pemberontak walaupun “itu hanya rock and roll”. 

Memerlukan fokus dan perenungan yang mendalam untuk menjadi jujur dan informatif serta disaat bersamaan bertindak diplomatis.  

Apa yang saya rasakan sebenarnya upaya untuk mempelajari lebih lanjut Rock and Roll Hall of Fame dan dewan anggotanya, sebagaimana yang pernah saya katakan kepada presiden dan beberapa anggotanya. Meskipun saya pernah melantik Elton John dan Bernie Taupin di tahun '94 itu hanya untuk menambah bobot pada efek tadi, “apa yang saya pelajari tentang Hall..” 

Saya masih tidak paham atau mengerti apa itu Hall of Fame atau bagaimana itu dapat menghasilkan uang, kemana uang-uang itu pergi, siapa yang memilih para pemilih dan mengapa ada orang atau forum yang memutuskan siapa, dari semua artis di dunia yang telah berkontribusi pada genrenya. Secara resminya apakah mereka sudah cukup “ngerock” untuk masuk ke Hall of Fame?

 

Ini bukanlah sebuah serangan. Ini adalah isu-isu yang sebenarnya, dimana saya tak memiliki cukup informasi valid selain sekadar gagasan-gagasan mentah. Tepatnya tidak (memiliki) cukup informasi untuk membuat penilaian apapun atas itu. 

Saya ingin meminta maaf kepada Cleveland, Ohio karena tidak meminta maaf kepada mereka sebelumnya atas ketidakhadiran (pada upacara) di kota mereka. Saya rasa mereka tahu seberapa besar saya sungguh-sungguh menyukai tampil di sana. Cleveland does in fact Rock!! 

Sekarang asap (upacara itu) sudah sedikit menghilang, ada keputusasaan, terpedaya serangan yang baru saja usai, sebuah tikaman kepedihan atas gosip, beberapa dendam yang lumpuh, hak omong kosong yang sudah biasa, dia terobsesi, gila, seorang pembenci.  

Sesekali saya membelikan seorang wanita tuna wisma sepotong pizza yang kemudian berteriak pada saya bahwa ia ingin sup. Kami pun membelikannya sup. Anda bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan. 

Lagi: Terima kasih Sebesar-besarnya untuk para penggemar dan kepada siapapun atas dukungan publik yang luar biasa. (Ucapan) selamat saya kepada artis lainnya yang dilantik. Dan permintaan maaf saya kepada kota dan orang-orang Cleveland, Ohio. Saya harap Anda akan memaafkan saya dan kami harap dapat segera bertemu Anda kembali. 

Keep Rockin’

Axl 

Tidak seperti surat terbuka saya kepada Rock and Roll Hall of Fame, para penggemar Guns N’ Roses, dan siapa saja yang mungkin memperhatikan ini adalah ditulis untuk situs resmi GNR, akun Facebook, dan akun Twitter pribadi serta bukan berniat sebagai sebuah rilis pers. 

Jika ada yang memilih untuk menyertakannya seperti yang telah dilakukan sebelumnya, saya menghargai jika Anda menuliskannya dengan lengkap termasuk paragraf ini, sehingga tidak memberikan gambaran yang sepotong-potong, menimbulkan hal-hal yang diambil di luar konteks atau untuk menyiratkan atau secara tidak sengaja mengesankan ini dimaksudkan untuk keperluan lain.