Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPR RI Sepaham dengan Tiongkok Soal Perubahan Iklim
Oleh : CR-1
Kamis | 12-12-2019 | 15:05 WIB
pkb-ri-china.JPG Honda-Batam

PKP Developer

Anggota Komisi VII DPR RI, Ratna Juwita Sari dan Ketua Delegasi Hubei Tiongkok, Zhang Wei Guo. (Foto: Setiawan)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia dan The Standing Committee of the People’s Congress, Provinsi Hubei Tiongkok memiliki pandangan yang samadalam hal perubahan iklim.

 

Terutama, komitmen negara menjamin ketersediaan lingkungan hidup yang baik dan sehat untuk warga negaranya. DPR melalui komisi kerjanya juga terus mendorong upaya revisi Undang Undang (UU) Nomor 16/2016 tentang Pengesahan Paris Agreement to the United Nations Framework Convention on Climate Change (Persetujuan Paris Atas Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-bangsa Mengenai Perubahan Iklim).

"Fraksi PKB melalui Komisi VII yang bermitra dengan Kementerian LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan) mengajukan revisi Undang Undang tersebut. Karena esensi (UU No. 16/2016) tidak ada implementasinya ke bawah, (yakni) penurunan emisi pada 2030 mendatang," ujar anggota Komisi VII DPR RI (Fraksi PKB), Ratna Juwita Sari.

Hal ini juga diamini oleh Ketua Delegasi Hubei Tiongkok, Zhang Wei Guo pada pertemuan dengan Fraksi PKB di gedung Nusantara I DPR RI, Senayan beberapa hari yang lalu.

Zhang menegaskan bahwa arahan Presiden Tiongkok, Xi Jinping tidak berbeda jauh dengan apa yang disampaikan Fraksi PKB DPR RI.

"Arahan Presiden Xi Jinping, pemerintah dan industri akan memberhentikan kegiatan (ekonomi) yang cenderung eksploitatif. Berbagai regulasi juga diterbitkan untuk menunjang kegiatan yang berorientasi pada lingkungan hidup. Kami juga mengampanyekan Go Green," papar Zhang Wei Guo.

Pertemuan yang berlangsung singkat itu, juga dihadiri anggota Fraksi PKB lainnya, yakni Muhammad Khadafi serta beberapa tenaga ahli DPR RI.

Sementara pihak Hubei terdiri dari Zhang Wei Guo sebagai ketua Delegasi, serta lima anggotanya yakni Zhang Tao (secretary of Shiyan Yunxi County Party Committee), Sun Daojun (Secretary of Shiyan Yunyang District Party Committee), Liu Yusong (Director of Shiyan Municipal Bureau of Statistics), Ming Ansh (Deputy Director of Shiyan Municipal Party Committee Office), Feng Anlong (Director of Shiyan Ecological Environment Bureau).

"Ternyata, saya melihat ada kesamaan visi terhadap komitmen mitigasi perubahan iklim. Komisi VII DPR RI melihat (materi pembahasan dengan Delegasi Hubei) ada relevansinya. Saat ini, Pemerintah Tiongkok khususnya provinsi Hubei sedang giat mengembangkan wisata alam berorientasi ramah lingkungan," papar Ratna Juwita.

Ditambahkannya, kami juga sampaikan perlunya jalinan persahabatan kedua negara, khususnya PKB dengan pemerintah provinsi Hubei bisa mengarah pada sektor lain, terutama pendidikan dan teknologi.

"Beasiswa untuk para santri dari pesantren terbaik di Indonesia juga dipertimbangkan. (Komitmen Hubei) sangat luar biasa," tegas Ratna Juwita.

Editor: Dardani