Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disebut-sebut Milik Oknum Anggota DPRD Batam

Puluhan Ton Limbah Menumpuk di Barelang
Oleh : Gokli/Dodo
Rabu | 18-04-2012 | 13:30 WIB

BATAM, batamtoday - Puluhan ton limbah berwarna hitam pekat bercampur pasir ditumpuk di kawasan Barelang, tepatnya di Kampung Tembesi Lama RT03/RW02, Sagulung.

Informasi yang dihimpun dari warga, tumpukan limbah ini disebut milik seseorang berinisial JS, seorang anggota DPRD Batam yang sudah lama dibiarkan dan sebagian dikubur ke dalam tanah.

Beberapa hari terakhir ini, pihak Bapedalda beserta pihak jasa pengangkutan sudah mulai beroperasi di lokasi. Namun, pengangkutan limbah tersebut dinilai setengah hati oleh warga lantaran sampai dengan saat ini masih ada puluhan ton limbah copper slag. 

"Kalau tak salah dulu limbah itu totalnya 92 ton milik, seorang oknum anggota dewan. Tapi, sampai saat ini tak juga beres diangkut," papar Mardi, seorang warga setempat. 

Selain limbah berbahaya ini, warga juga mengeluh lantaran jalan setapak ke lokasi menjadi rusak parah pengaruh beberapa unit truk milik jasa pengangkutan yang masuk ke lokasi. 

"Jalan kami juga rusak pengaruh truk itu," ujarnya. 

Yang paling warga kesalkan, pengorekan limbah di lokasi yang dilakukan Bapedalda bersama pihak jasa pengangkutan tak minta izin kepada warga. Mereka dengan seenaknya saja membuang limbah dan mengangkut kembali. 

"Sudah jalan rusak, mereka juga tak minta izin dengan kami," kesal Mardi. 

Sejauh ini, asal muasal limbah belum diketahui pasti. Namun, limbah berwarna hitam pekat beserta sisa pasir sandblasting jelas masih tertumpuk di lokasi. Sebagian limbah sudah bercampur dengan tanah karena sebelumnya limbah tersebut dikubur ke dalam tanah. 

"Setahu kami yang sudah diangkut baru empat truk, selebih kami tak tahu kapan akan diangkut lagi," tutupnya.