PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tips Aman Berkendara Motor Ala Juara Dunia MotoGP Jorge Lorenzo
Oleh : Redaksi
Sabtu | 07-12-2019 | 11:16 WIB
jorge-lorenzo1.jpg honda-batam
Jorge Lorenzo.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Juara dunia MotoGP tiga kali yang lagi menikmati masa pensiunnya di Bali, Jorge Lorenzo, memberikan tips aman berkendara saat berpergian menggunakan sepeda motor di jalan umum. Dalam sesi wawancara dengan CNNIndonesia.com, dia sempat menyinggung soal poin-poin yang wajib dipenuhi bikers untuk keselamatan di jalan.

Pertama, Lorenzo berpesan agar bikers selalu menggunakan pelindung kepala setiap berkendara. Di Indonesia, helm yang digunakan biker mesti memiliki cap Standar Nasional Indonesia (SNI) yang artinya sudah didesain sesuai standar pemerintah.

"Selalu gunakan helm," kata Lorenzo saat diajak berbincang di sela liburannya di Bali beberapa waktu lalu.

Menurut pebalap asal Spanyol tersebut ada perlengkapan berkendara lain yang wajib dikenakan selama berkendara, yaitu sarung tangan, jaket, dan sepatu. Perlengkapan ini bukan cuma buat pengendara motor, tapi menurut dia juga wajib dipakai penumpang.

Tujuan utama menggunakan atribut seperti itu tentu untuk mengurangi risiko cedera sewaktu-waktu terjadi kecelakaan lalu lintas. Namun selain itu berpakaian lengkap juga memberikan rasa aman dan kepercayaan diri saat berkendara.

Lorenzo juga berpesan kepada pengendara agar selalu bijak di jalan raya dengan mematuhi semua peraturan yang berlaku. Ia mengatakan agar selalu mengatur kecepatan alias jangan ngebut.

"Hati-hati serta selalu atur kecepatan," ucap Lorenzo.

Lorenzo memulai karier balap MotoGP pada 2002, selama berkarier dia telah 203 kali balapan, 47 kali menang, dan 114 kali naik podium. Pria berusia 32 tahun ini sudah menyatakan pensiun dari MotoGP pada 14 November, Lorenzo terakhir membalap bersama Repsol Honda di seri terakhir musim ini, GP Valencia, dan berada di posisi 13.

Usai memutuskan berhenti membalap, Lorenzo pernah mengaku sudah beli tiket ke Bali namun tak bilang beli tiket pulang. Saat ini Lorenzo diketahui lebih dari sepekan berada di Bali.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha