Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lagi, Tim Saber Polresta Barelang Sambangi Disdukcapil Batam
Oleh : Hendra Mahyudi
Jum\'at | 06-12-2019 | 14:52 WIB
tim-saber-polresta-barelang.jpg Honda-Batam
Petugas Saberpungli saat berkunjung ke Kantor Disdukcapil Kota Batam, Sekupang Batam. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang akhir tahun, Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Polresta Barelang kembali membuat petugas instansi pemerintahan gelisah.

Selepas beberapa bulan yang lampau menyambangi kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), Jumat (6/12/2019) pagi ini kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam, Sekupang menjadi ramai dan suasana sedikit tegang.

Kali ini, Tim Saber Pungli Polresta Barelang datang ke kantor Disdukcapil Kota Batam sekitaran pukul 10.45 WIB. Setibanya di kantor Disdukcapil mereka langsung melihat-lihat situasi di loket pelayanan.

Zakaria, salah seorang pegawai Disdukcapil mengatakan bahwa ia sempat terkejut ketika melihat adanya polisi datang dan langsung memasuki ruang Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Kemudian, anggota Tim Saberpungli melihat-lihat loket pelayanan, dan sejumlah warga yang sedang mengurus surat kependudukan dan catatan sipil lainnya, langsung ditemui dan ditanyakan perihal kepengurusan oleh petugas saber.

Kepala Disdukcapil Kota Batam Said Khaidar saat dihubungi awak media menjelaskan bahwasanya kegiatan itu merupakan tugas pemantauan Tim Saberpungli.

"Supervisi saja, ada baiknya sehingga kita diingatkan agar dalam melakukan pelayanan sesuai dengan ketentuan," ujarnya.

Hal lainnya disebutkan Said bahwa dari kunjungan Tim Saberpungli hari ini tidak ada dokumen atau berkas apapun yang dibawa petugas, Said mengatakan hal wajar sebagai tugas pemantauan dan pengingatan terhadap instansi pemerintahan.

Editor: Dardani