Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiga Hari Diburu, Riko dan Chandra Berhasil Dibekuk
Oleh : Gokli/Dodo
Selasa | 17-04-2012 | 14:18 WIB
riko-dan-chandra.gif Honda-Batam

Riko Satria Sinaga dan Chandra Tampubolon (pakai sebo) saat digiring petugas.

BATAM, batamtoday - Spesialis pencuri motor, Riko Satria Sinaga (20) dan Chandra Tampubolon (28) ditangkap Polisi setelah tiga hari diburu. Kedua pelaku berhasil dibekuk di kediamannya Perumahan Tripuri Batuaji, Senin (16/4/2012) sekitar pukul 16.00 WIB. 

Riko dan Chandra merupakan sindikat beserta dua orang rekannya yang saat ini masih menjadi Target Operasi (TO) Polsek Batam Kota dan Polsek Lubuk Baja. Kedua pelaku berhasil diamankan setelah tiga polsek yakni Batuaji, Batam Kota dan Lubuk Baja berkoordinasi. 

Riko, pria yang mengaku sebagai pengangguran ini mengatakan mereka terpaksa menekuni kerja sebagai pencuri sepeda motor lantaran susahnya mencari kerja di kota Batam. Sementara, kebutuhan hidup sangat tinggi dan tetap harus dipenuhi. 

"Terpaksa bang, tak ada kerjaan lain. Sementara, kami kan butuh makan juga bang," dalih Riko dengan aksi pencuriannya. 

Diakui Riko, dia bersama Chandra ditangkap polisi kemarin sore. Namun, sebelumnya juga mereka sudah tahu kalau sudah dicari-cari Polisi setelah melakukan pencurian sepeda motor Suzuki Satria FU warna biru di kawasan Batam Kota. 

"Motor ini sudah tiga hari kami curi dari Batam Kota. Rencananya mau dijual namun belum ada pembeli," katanya. 

Terkait Julius, warga Putri Tujuh yang turut diamankan Polisi, Riko mengaku pria itu hanya sebatas orang tua rekannya berinisial D. Hal ini juga dibenarkan oleh Julius yang mengaku tak kenal dengan kedua pelaku. 

"Saya tak kenal mereka pak. Kemarin anak saya bawa mereka ke rumah dan menitipkan sepeda motor Satria FU yang katanya mau mereka jual. Jujur saya tak tahu kalau itu motor curian," kata Julius dengan wajah sedih. 

Ditambahkan Julius, terkait keberadaan anaknya inisial D, sampai saat ini dia tidak tahu dimana. Kalau pun dia tahu pasti saja dia akan bawa anaknya itu ke Polisi, biar masalah ini jelas. 

Kapolsek Batuaji, Kompol Tua Turnip menegaskan supaya masyarakat lebih hati-hati dalam memarkirkan sepeda motor. Diminta, supaya menggunakan kunci ganda dalam setiap memarkir sepeda motor baik dimana pun, khususnya warga Batuaji. 

"Saya minta masyarakat agar menggunakan kunci ganda dalam memarkir sepeda motor. Ini guna menghindari aksi para pencuri yang selalu gentayangan," himbau Turnip.

Penangkapan kedua pelaku pencurian, kata Turnip akan dilimpahkan ke Polsek yang bersangkutan Batam Kota dan Lubuk Baja.