Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sat Lantas Polresta Barelang Sosialisasikan Tertib Berlalu Lintas Melalui Perlombaan Polisi Cilik
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 26-11-2019 | 13:41 WIB
polisi-cilik.jpg Honda-Batam
Foto bersama dalam perlombaan Polisi Cilik. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Beragam inovasi dengan tujuan menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga keselamatan diri dalam berkendara terus dilakukan Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polresta Barelang.

Tidak hanya berbentuk penyuluhan atau sosialisasi ke sekolah maupun ke lingkungan masyarakat, namun juga dengan menggelar program inovasi dengan membentuk karakter anak. Seperti perlombaan Polisi Cilik se Polda Kepri yang digelar, Kamis (21/11/2019) lalu.

Kegiatan dari Unit Dikyasa Sat Lantas Polresta Barelang tersebut, diikuti oleh peserta tingkat SD. Secara berkelompok, mereka harus menunjukkan bakat dan keahliannya baik di bidang baris berbaris maupun pengetahuan terkait aturan berlalu lintas.

Kasat Lantas Polresta Barelang, AKP Muchlis Nadjar, mengungkapkan, kegiatan tersebut dilakukan guna memberikan wawasan pada anak tentang bagaimana tata cara berkendara yang benar.

Sehingga, para siswa bisa menegur keluarga maupun orangtua jika berkendara tidak mentaati aturan yang berlaku.

"Jika anak yang sudah mengingatkan orangtuanya tentang tertib berlalu lintas, tentunya sang orangtua merasa malu tidak mengindahkannya. Sehingga kesadaran untuk tertib berlalu lintas dan menjaga keselamatan di jalan raa tumbuh dengan sendirinya," ujar Muchlis, selasa (26/11/2019).

Disamping itu, pihaknya juga memberikan sosilasisai dan imbauan kepada orangtua yang hadir serta para guru untuk bisa mengingatkan dan mengawasi anak-anaknya di rumah. Serta, tidak memberikan kendaraan kepada anak di bawah umur.

"Kami mengingatkan pada orangtua bisa mengawasi anak-anaknya yang berusia remaja, untuk tidak ugal-ugalan jika berkendara. Sebab, hal itu bisa menjadi pemicu kecelakaan di jalan raya," tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut, tampil sebagai juara pertama dari SDN 005 Batam Kota, dan SDN 001 Batuampar dan SDN Lubukbaja.

"Ke depannya kita akan terus melakukan inovasi untuk mensosialisasikan teretib berlalu lintas di tengah-tengah masyarakat. Semoga hal ini bisa menekan tingkat pelangar dan angka kecelakaan," pungkasnya.

Editor: Yudha