Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Viral Video Siswa Bojonegoro Panjat Tiang Bendera saat Upacara Hari Guru
Oleh : Redaksi
Selasa | 26-11-2019 | 11:28 WIB
panjat-tiang-bojonegoro1.jpg Honda-Batam
Siswa di Bojonegoro panjang tiang bendara yang tersangkut saat upacara Hari Guru. (Foto: detik.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Seorang siswa SMA Negeri 1 Padangan, Bojonegoro memanjat tiang bendera untuk memasang tali pengait bendera yang lepas saat upacara Hari Guru.

Video itu kini viral di media sosial Facebook dan aplikasi percakapan WhatsApp.

Dalam video berdurasi sekitar 2 menit Itu, tampak siswa tersebut dengan percaya diri memanjat tiang bendera. Tanpa diperintah oleh guru, ia langsung melepas sepatu dan memanjat sambil mengigit pengait bendera yang lepas.

Siswa itu bernama Mahmud Sulthon Aulia. Ia pelajar kelas XII IPA 5.

"Iya kemarin itu kejadiannya pas upacara Hari Guru, ramai di media sosial WA (WhatsApp) grup juga. Patut kita apresiasi anak didik ini, karena keberaniannya apalagi tanpa diminta dan diperintah bapak ibu guru," ucap salah satu guru di Bojonegoro, Aris, Selasa (26/11/2019).

Upacara Hari Guru wilayah rayon Bojonegoro Barat memang dipusatkan di halaman sekolah SMA Negeri 1 Padangan. Semua petugas upacara merupakan para guru. Sedangkan siswa pemanjat tiang bendera ini bagian dari regu paduan suara.

Setelah mengaitkan tali di pucuk tiang bendera, Mahfud turun sambil menggigit kembali ujung tali lainnya. Para peserta upacara kemudian bertepuk tangan. Sampai di bawah, siswa ini langsung dibantu turun oleh petugas upacara dan seorang anggota TNI.

Kepala Sekolah SMAN 1 Padangan, Wulan membenarkan aksi heroik seorang muridnya. Dengan berani sang siswa memanjat tiang bendera untuk memasang kembali tali pengait yang lepas demi terlaksananya upacara Hari Guru.

"Iya benar anak didik kami itu, kebetulan ikut regu paduan suara di upacara kemarin. Tanpa disuruh langsung lepas sepatu manjat tiang. Saya sempat takut karena anaknya udah besar nanti tiangnya kalo nggak kuat gimana, tapi alhamdulillah semua baik-baik saja," ujar Wulan.

Sumber: Detik.com
Editor: Yudha