Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Keluhkan Lampu Penerangan di Sepanjang Jalan Coastal Area sudah tak Berfungsi Selama Setahun
Oleh : Freddy
Minggu | 24-11-2019 | 16:32 WIB
tiang_listrik_coastal_area.jpg Honda-Batam
Lampu penerangan dengan menggunakan listrik tenaga surya sudah tak berfungsi selama setahun (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Warga mengeluhkan kondisi lampu penerangan di sepanjang jalan Coastal Area Tanjungbalai Karimun yang sudah lama tidak berfungsi lagi. Padahal jalan di Coastal area ini ramai dilalui kendaraan bermotor baik siang maupun malam hari.

"Lampu jalan ini sudah hampir setahun tidak berfungsi dan pada saat malam hari sebagian jalan di Coastal area ini sangat gelap," ujar Harris, salah seorang warga Karimun, Minggu (24/11/2019).

Harris mengatakan, tidak berfungsi nya lampu jalan sebagai penerangan jalan tentunya sangat berdampak bagi masyarakat yang selalu melewati jalan Coastal Area ini, terutama pada malam hari

Menurutnya, untung saja disepanjang Coastal Area ini masih ada sejumlah pedagang yg berjualan dagangannya sampai malam hari dan,itu pun hanya sampai F1 food court, selepas itu sudah mulai gelap gulita lagi .

"Kemana harus kami sampaikan keluhan warga ini , apa pemerintah daerah tidak tahu hal ini atau memang tak peduli." Tanya Harris.

Hal senada disampaikan Atan, warga Lubuk Semut. Ia mengatakan, sejak padamnya lampu jalan di Coastal Area ini memang sangat rawan akan kejahatan. Sehingga beberapa waktu lalu terjadi aksi begal dan kecelakaan lalu lintas di sekitar lokasi salah satu hotel yang berdiri di kawasan Coastal Area ini.

Atan berharap pemerintah Kabupaten Karimun dapat segera memperbaiki kerusakan dan lampu jalan yang berdiri tegak di sepanjang tepi jalan Coastal Area hingga dapat difungsikan lagi sebagai penerangan jalan
.
Sementara Kepala Dinas Perdagangan, UKM dan ESDM, Muhammad Yosli mengatakan masalah lampu jalan itu bukan lagi kewenangan di OPD nya. Tetap, sudah ditangani OPD yang dipimpin Rosmawati, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman .

"Setahu dirinya tiang dan lampu jalan di sepanjang Coastal Area itu sebagian besar merupakan hibah dari perusahaan dan sebagian lagi asset pemerintah Provinsi Kepri," Yosli.

Sedangkan Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman, Rosmawati ketika dikonfirmasi, meminta BATAMTODAY.COM untuk datang ke kantornya dan menemui stafnya yang membidangi penerangan jalan agar dapat penjelasan.

Sementara Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim mengatakansebenarnya Pemerintah Kabupaten Karimun bukan tidak peduli terhadap lampu jalan di sepanjang Coastal Area yang sekarang ini tidak berfungsi .

Menurutnya, hal ini karena pemerintah daerah harus lebih hati-hati karena sebelumnya sudah pernah dianggarkan dan diperbaiki lampu jalan di Coastal Area ini.

Namun, setelah diperbaiki lampu jalan yang rusak tersebut ternyata tak berapa lama kembali tak berfungsi lagi karena ada yang jahil mengambil salah satu material penting di lampu jalan tersebut.

"Disinilah pemerintah daerah harus hati-hati sebelum menganggarkan kembali untuk perbaikan lampu jalan karena harus dibuatkan dulu berita acara kehilangan kerusakan sebelum dianggarkan lagi," jelas Wakil Bupati Karimun.

Editor: Surya