Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPD RI Ajak Parlemen Selandia Baru untuk Tingkatkan Hubungan Ekonomi Kedua Negara
Oleh : Irawan
Selasa | 19-11-2019 | 15:16 WIB
nonO-selandia_baru.jpg Honda-Batam
Wakil Ketua I DPD RI Nono Sampono terima Parlemen Selandia Baru

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Wakil Ketua I DPD RI Nono Sampono mendorong Parlemen Selandia Baru meningkatkan hubungan dengan Indonesia di berbagai bidang, termasuk pariwisata, pengembangan energi terbarukan, dan industri rumah tangga.

Hal itu dilakukan agar hubungan kedua negara semakin mempererat hubungan persahabatan yang sudah berlangsung 61 tahun.

Nono saat menerima kunjungan delegasi persahabatan Parlemen Selandia Baru, Selasa (19/11/2019), mengatakan, hubungan bilateral selama 61 tahun ini masih perlu diperluas lagi, karena Selandia Baru memiliki potensi besar untuk membantu mengembangkan sektor-sektor dimaksud untuk kepentingan bersama.

Kunjungan Parlemen Selandia Baru, lanjutnya, merupakan tindak dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke Wellington pada 19 Maret 2018 lalu, dimana telah disepakati perjanjian kemitraan strategis dengan negara paling selatan itu.

Misalkan peningkatan frekuensi penerbangan dari Auckland ke Bali menjadi 5 kali seminggu agar dapat memfasilitasi hubungan antarwarga kedua negara secara lebih intensif lagi.

"Dengan demikian maka lebih banyak lagi wisatawan dari Selandia Baru dan Australia dapat berkunjung ke Indonesia bagian timur yaitu obyek-obyek wisata selain Bali yang juga menarik untuk dikunjungi seperti di Maluku dan Papua serta Raja Ampat di Papua Barat," kata Nono.

Kepada delegasi Parlemen Selandia Baru yang dipimpin oleh Kanwaljit Singh Bakshi itu, Nono menegaskan, selain dibutuhkan peningkatan frekuensi penerbangan, Selandia Baru dapat mengoperasikan kapal-kapal laut untuk menjelajahi berbagai obyek wisata bahari di Indonesia.

"Karena nusantara ini memiliki keindahan bahari yang sangat kaya dan dapat dinikmati oleh wisatawan mancanegara," katanya.

Selain itu, kata Nono, Indonesia memiliki potensi sangat besar di bidang energi terbarukan yang belum secara maksimal dikembangkan. Sehingga Selandia Baru dapat masuk untuk bekerjasama dengan mitra-mitra lokal di berbagai daerah Indonesia.

Kanwaljit Singh, Ketua Delegasi Parlemen Selandia Baru mengatakan, ada banyak potensi yang belum digarap untuk menggairahkan hubungan ekonomi kedua negara.

Karena itu, mereka datang ke Indonesia untuk mendengar dan akan menyampaikan informasi yang diperoleh ke parlemennya saat kembali ke Wellington.

Ia menjelaskan bahwa kunjungan ini adalah kunjungan pertama yang dilakukan oleh Kelompok Persahabatan di parlemen Selandia Baru dan Indonesia merupakan negara pertama yang dikunjungi mengingat pentingnya hubungan kedua negara, baik di masa sekarang maupun di masa mendatang.

Dari Jakarta, delegasi Selandia Baru ini akan terbang ke New Delhi untuk melakukan kunjungan persahabatan ke parlemen India.

Editor: Surya