Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringatan Seabad Tenggelamnya Titanic
Oleh : Redaksi/BBC Indonesia
Senin | 16-04-2012 | 08:01 WIB

BELFAST, batamtoday - Peringatan 100 tahun tenggelamnya Titanic diperingati di berbagai belahan dunia termasuk di Belfast, Irlandia Utara tempat kapal itu dibangun, Minggu (15/4/2012) kemarin.

Tak jauh dari galangan kapal Belfast, sebuah taman untuk mengenang Titanic dibangun lengkap dengan lima plakat perunggu tempat nama ke-1512 korban tewas ditulis. 

Di atas plakat perunggu itu, tak ada perbedaan antara penumpang kelas satu dan penumpang kelas lainnya. Nama-nama korban tewas dipahat sesuai urutan abjad.

Namun yang agak mengganggu adalah dua nama korban tewas yang diberi tanda khusus yaitu Thomas Hart dan John Morgan.

"Tanda khusus itu berarti seseorang menumpang Titanic dengan menggunakan nama orang lain," kata Kelly Frizell dari Dewan Kota Belfast.

"Apakah nama ini identitas asli mereka atau tidak, yang jelas keduanya termasuk korban tewas," tambah Kelly.

Tak ada cara untuk mencari identitas mereka sesungguhnya, sehingga identitas sebenarnya dari kedua orang ini tetap menjadi misteri hingga saat ini.

"Namun kita tak bisa mengabaikan mereka begitu saja," tegas Kelly.

Mencari identitas 

Kelly Frizel menghabiskan waktu hampir selama satu tahun untuk mencari nama-nama penumpang Titanic yang tewas dalam kecelakaan 15 April 1912

"Sangat mengharukan mellihat monumen yang memuat korban tewas . Sangat emosional dengan hanya dengan melihatnya," kata Kelly.

Tembok tempat kelima plakat perunggu itu memiliki panjang sembilan meter. Dan bunga-bunga di taman Titanic itu dipilih dengan sangat hati-hati.

"Kami memilih warna seputar biru, putih, perak dan hijau yang mewakili air dan es," kata arsitek Joy Hutchinson.

"Warna-warna ini mendorong yang melihatnya untuk merasakan kedamaian dan kontemplasi," tambah Hutchinson.

Berbagai acara 

Kapal Balmoral menapaki rute pelayaran Titanic dari New York ke Southampton.

Sementara di Southampton, Inggris, tempat Titanic memulai perjalanan perdana dan terakhirnya, sebuah kebaktian digelar.

Keluarga dan keturunan korban tewas diharapkan hadir dalam kebaktian itu dan bersama-sama mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang para korban tewas.

Peringatan Titanic ini juga digelar di berbagai belahan dunia lain. Di Las Vegas, San Diego, Houston dan Singapura sebuah pameran tentang Titanic digelar.

Sementara itu taman hiburan yang dibangun dekat galangan Harland dan Wolff, Belfast tempat kelahiran Titanic selama dua pekan terakhir berhasil menarik lebih dari 45.000 orang wisatawan.

Sedangkan di Laut Atlantik Utara, kapal Balmoral -yang menjadi bagian peringatan ini- menandapi puncak peringatan di lokasi tenggelamnya Titanic.

Dalam dua dekade terakhir, Titanic menjadi merek terkenal dunia untuk film, memorabilia serta iklan komersial di berbagai sudut dunia.

Namun, sebagian besar peringatan 100 tahun tenggelamnya Titanic dirayakan dalam acara-acara penuh keheningan untuk mengenang tragedi terburuk dalam sejarah kelautan.