Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wan Siswandi Gelar Rapat Bersama Tim Peneliti Universitas Bina Nusantara
Oleh : Kalit
Senin | 18-11-2019 | 11:52 WIB
fgd-natuna1.jpg Honda-Batam
Sekda Natuna gelar diskusi bersama Tim Peneliti Universitas Bina Nusantara. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi gelar bersama tim peneliti Hikom Kemenristek Dikti Universitas Bina Nusantara.

Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir Bukit Arai, Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Senin (11/11/2019) pagi.

Hadir pada rapat tersebut Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Natuna, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) serta Tim peneliti Hikom Kemenristek Dikti Universitas Bina Nusantara.

Adapun beberapa agenda yang menjadi focus diskusi diantaranya mengenai pemaparan hasil penelitian strategi pengembangan Daerah Perbatasan di Kepulauan Riau, dalam rangka Implementasi Indonesia sebagai poros Maritim Dunia oleh Tim Peneliti dari Universitas Bina Nusantara.

Dijelaskan Wan Siswandi, bahwa tujuan dari penelitian tersebut untuk memetakan permasalahan di sektor kelautan dan kemaritiman di Kabupaten Natuna. Juga untuk mengembangkan model kebijakan penguatan kerjasama Pemerintah Daerah dengan kalangan pebisnis dan investor di sektor kelautan dan kemaritiman kawasan perbatasan.

Menurut Wan Siswandi, untuk menyukseskan kegiatan ini dibutuhkan ide atau pemikiran bersama, dengan harapan hasil dari penelitian itu dapat terealisasi sesuai harapan bersama.

Wan Siswandi menambahkan, bahwa Pemerintah Daerah memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada pihak swasta untuk membangun dan mendukung wisata Natuna. Apalagi sektor pariwisata di Natuna sudah berjalan baik, dan Natuna sekarang sudah ditetapkan sebagai Geopark Nasional dan akan diteruskan ke UNESCO.

Oleh karena itu Wan Siswandi berharap melalui Diskusi ini terdapat sinergitas antara hasil penelitian dengan pengembangan sektor pariwisata yang ada di Natuna.

Dalam kesempatan yang sama, Fransiska, yang merupakan salah satu Tim Peneliti dari Universitas Bina Nusantara mengatakan, bahwa penelitian ini sudah dilakukan selama 3 tahun. Hasil penelitian ini diperoleh melalui penelitian langsung ke pihak-pihak yang terkait untuk mencari data yang mendukung hasil penelitian.

Fransiska menambahkan, bahwa hasil dari penelitian ini akan disumbangkan ke Pemerintah Daerah untuk menjadi bahan pembelajaran atau untuk mendukung pembangunan daerah di Natuna.

Editor: Yudha