PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

MPR Nilai Media Efektif Cegah Penyebaran Informasi Fitnah dan Hoax
Oleh : Irawan
Sabtu | 16-11-2019 | 10:28 WIB
press-gat-mpr1.jpg honda-batam
Press gathering MPR RI di Denpasar Bali. (Foto: Irawan)

BATAMTODAY.COM, Denpasar - Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid mengatakan di era digital dimana manusia melek teknologi dan semuanya serba terkoneksi internet saat ini banyak sekali masyarakat yang menyebar informasi fitnah dan hoax di media sosial (Medsos).

"Penyebaran informasi fitnah dan hoax merupakan salah satu penyakit di era digital sekarang ini," kata Jazilul saat membuka Press Gathering MPR RI di The Trans Resort Kerobokan Seminyak Bali, Jumat, (15/11/2019).

Jazilul menjelaskan pimpinan MPR RI periode 2019-2024 saling bekerja sama dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen Senayan untuk mengurangi penyebaran informasi fitnah dan hoax yang hingga kini masih marak terjadi di masyarakat.

Informasi fitnah dan hoax yang hingga kini masih marak terjadi di masyarakat.

"Ini tantangan kami MPR RI periode lima tahun kedepannya, saya berharap semua pimpinan Fraksi di MPR RI juga dapat melakukan hal terbaik dan bermanfaat kepada seluruh masyarakat Indonesia," pungkas politikus PKB itu.

Sekretaris Jenderal (Sesjen) MPR RI, Maruf Cahyono mengatakan kalau kerjasama MPR dengan media pers, khususnya Koordiantoriat Wartawan Parlemen saat ini dalam keadaan yang semakin baik. Hal ini dibuktikan dengan semakin terpublikasinya kerja-kerja MPR, baik itu pimpinan, anggota maupun Kesetjenan MPR.

"Kerjasama yang terjalin selama ini sangat positif bagi kedua belah pihak, baik majelis juga media pers," kata Maruf.

Dalam pemaparannya, Maruf menjelaskan kepada jajaran pimpinan dan anggota MPR RI yang baru (periode 2019-2024), bahwa publikasi kinerja para anggota MPR saat ini, semakin mudah dilakukan dan disebar luas ke masyarakat.

"Bisa langsung di-blast dari kami (semua kegiatan anggota MPR), baik berupa rillis maupun kegiatan kujungan kerja," ujarnya.

Hadir dalam Press Gathering tersebut diantaranya Setjen MPR Ma'aruf Cahyono, Ketua Fraksi Demokrat MPR RI Benny Harman, Ketua Fraksi PPP MPR Arwani Thomafi, Ketua Fraksi NasDem MPR Taufiq Basari, Ketua Fraksi PKS MPR Tifatul Sembiring, Ketua Fraksi PAN MPR Muhammad Syafrudin dan Ketua Kelompok DPD RI di MPR Intsiawati Ayus.

Editor: Yudha