Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemko Tanjungpinang Beri Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi
Oleh : Charles/Dodo
Jum'at | 13-04-2012 | 17:06 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Pasar KotaTanjungpinang memberikan pelatihan dan sosialisasi manajemen pengelolaan koperasi kepada sejumlah masyarakat Tanjungpinang. Acara digelar di Aula Kecamatan Bukit Bestari Tanjungpinang, Kamis (12/4/2012) kemarin.

Kadis Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Pasar Kota, Wan Kamar mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya pembinaan yang dilakukan Pemerintah Kota Tanjungpinang pada sejumlah masyarakat. 

"Koperasi dapat menerapkan prinsip-prinsip manajemen yang benar serta tata cara pembentukan koperasi baru, dan memberikan pengetahuan pada masyarakat, tentang proses terbentukan koperasi baru, serta mendapatkan masukan untuk perencanaan program kegiatan pemberdayaan koperasinya," kata Wan Kamar.  

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpnang, Suryatati A Manan saat membuka acara tersebut mengatakan pendirian dan pembangunan koperasi merupakan hal yang sangat penting dan strategis serta prospektif, karena koperasi sebagai usaha dapat memberikan peran yang berarti dalam kehidupan perekonomian masyarakat, terutama anggota koperasi.

Namun selama ini ada kesan pembentukan suatu koperasi hanya dimotori oleh beberapa orang saja, sedangkan anggota yang lain hanya bersifat pendukung sebagai syarat pembentukan koperasi.

“Oleh karena itu, Pemko Tanjungpinang berupaya membangkitkan kesadaran koperasi, melalui tahap awal pembentukan koperasi dengan cara memberikan sosialisasi melalui kegiatan seperti ini, untuk diteruskan pengetahuannya ditengah-masyarakat nantinya," kata dia. 

Sosialisasi ini sendiri, diharapakan, dapat memotivasi masyarakat dalam membentuk koperasi, yang didasari keinginan seluruh calon anggota koperasi, yang tentunya didasari prinsip-prinsip koperasi, serta menghindari pembentukan koperasi hanya kepentingan sesaat dari beberapa orang saja.