PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mengenal Sosok Ustad Sufyan Muttaqin, Imam Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah
Oleh : Hendra
Sabtu | 02-11-2019 | 19:04 WIB
imam-masjid-sultan.jpg honda-batam
Sufyan Muttaqin.

BATAMTODAY.COM, Batam - Satu dari 3 calon Imam Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah telah diumumkan Pemerintah Kota Batam. Namanya adalah Sufyan Muttaqin, lahir di Garut, Senin 5 Februari 1979.

Sosok Imam yang bergelar Sarjana Alquran dan Magister Agama ini dalam kesehariannya adalah pengajar di Quran Centre bagian Tahfidz untuk santri khusus juga mahasiswa, selain itu juga berprofesi sebagai Dewan Hakim Baik tingkat kota atau provinsi khusus Tahfidz dan Tafsir. Pun juga sebagai pembina peserta potensial untuk lomba Nasional khusus Tahfidz dan Tafsir.

Sedari kecil kecil, Ustad Sufyan besar dalam lingkungan keluarga yang memiliki kesadaran akan pentingnya nilai-nilai keagamaan. Orangtuanya adalah KH. Hudory dan Hj. Khadijah, yang hidup dan mengabdi di Pesantren Pulosari BL Limbangan, Garut, Jawa Barat.

"Orangtua saya KH. Hudory dan Hj. Khadijah. Sama-sama santri di pesantren, dan hingga kini mengabdikan diri di pesantren tersebut. Sampai sekarang pesantrennya masih ada," ujarnya saat diwawancara BATAMTODAY.COM, Sabtu (2/11/2019).

Dalam keseharian, kemanapun Ia pergi, pesan orangtuanya selalu jadi landasan hidup. Pesan yang disampaikan kepada Ia dan saudaranya yang lain, bahwasanya di manapun berada, anak-anaknya harus selalu menjadi pendidik yang baik setidaknya dalam lingkup keluarga masing-masing.

"Pesan orang tua kepada seluruh anaknya. Saya anak ke 5 dari 9 bersaudara. Dicmanapun berada harus menjadi pendidik paling tidak untuk keluarga, lebih baik lagi buat masyarakat umum," katanya menjelaskan pesan dari kedua orangtua.

Hingga kini, setelah Ia menikah dan menjalani hidup berumah tangga bersama istrinya, Faridah Fransiska yang merupakan sosok perempuan asli Karimun itu, ia selalu berusaha menjadi sosok Imam sesuai dengan pesan dari kedua orangtuanya.

"Saya asli Jawa Barat sementara istri saya dari Karimun. Kita bertemu di Palangkaraya semasa muda. Setelah menikah saya diajak Istri pindah ke Batam," terangnya.

Jauh sebelum berkenalan dengan istrinya, Ia menyampaikan, semenjak lajang sudah sering ikut Musabaqah Tahfizd Alquran 30 juz dan juga Tafsir. Minat itu tumbuh karena lingkungan keluarga yang agamais.

Ia juga pernah mewaki Kepri dalam lomba STQ tingkat Nasional 2010, dan meraih penghargaan terbaik pertama saat itu di Banjarmasin, Kalimantan Barat. Berkah dari penghargaan itu Ia ditarik mengajar di Quran Centre Batam, Sekupang, begitu juga dengan istrinya, turut mengabdi di sana.

Mengenai program atau kegiatan yang akan Ia lakukan di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Ustad Sufyan mengatakan lebih cenderung menjalankan amanat utamanya sesuai dengan harapan Pemkot Batam, yakni sebagai Imam sekaligus sebagai konsultan bidang keagamaan.

"Sementara kalau membahas program pribadi, insya Allah jika diizinkan akan membuka program Tahfidz, Tafsir, dan Tajwid Alquran, serta program Bahasa Arab. Pun juga insya Allah kalau tidak silap akan dibangun ke depannya Islamic Centre di masjid oleh Kemenag Batam, jadi anak-anak akan diasramakan," ungkapnya.

"Harapan saya juga pengen sekali di bangun Perguruan Tinggi Kampus Sultan Mahmud Riayat Syah di area masjid ini," tambahnya menyampai impiannya, meski begitu program dari Pemerintah Kota Batam baginya tetaplah yang diutamakan.

Berikut biografi lengkap H. Sufyan Muttaqin, Imam Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Batam:

Nama: H. Sufyan Muttaqin, SQ, MA
Lahir: Garut, 5 Februari 1979
Keahlian: Tahfizd dan Tafsir Alquran, Kitab kuning dan Bahasa Arab

Pendidikan Formal:

  • Madrasah Ibtidaiyah (MI) YPI Pulosari Garut Jawa Barat 1991
  • Madrasah Tsanawiyah (Mts) YPI Pulosari Garut Jawa Barat 1994
  • Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) YPI Pulosari Garut Jawa Barat 1997
  • Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur'an (PTIQ) Jakarta 2003
  • Pascasarjana PTIQ Jakarta 2013

Pendidikan Non Formal:

  • Pondok Pesantren Pulosari Garut Jawa Barat
  • Pondok Pesantren Tahfidz Nurul Qur'an Jogoroto Jombang Jawa Timur
  • Ponpes Raudhatul Ilmi Garut Jawa Barat.

Pengalaman Kerja:

  • Instruktur Tahfidz Alquran di Sekolah Percontohan Internasional al-Azhar as-Syarif, Srengseng Sawah, Jagakarsa Jakarta Selatan 2004-2008
  • Instruktur Tahfidz dan Staf Pengajar Kitab Kuning di Ponpes Darul Qur'an Malaka, Jakarta Utara 1998
  • Instruktur Tahfidz Santri Khusus Yayasan Pengkajian dan Pengembangan Al-Qur'an (Qur'an Centre) Batam
  • Dosen dan instruktur Tahfidz Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ)

Prestasi:

  • Terbaik Pertama Cabang Tahfidz Alquran 30 Juz dan Tafsir Bahasa Arab pada Seleksi Tilawah al-Qur'an (STQ) tingkat Nasional di Banjarmasin Kalimantan Barat 2010
  • Terbaik Kedua Cabang Tahfidz Alquran 30 Juz dan Tafsir Bahasa Indonesia pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Nasional di Ambon, Maluku
  • Terbaik Ketiga Cabang Tahfidz Alquran 30 Juz dan Tafsir Bahasa Indonesia pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Nasional di Batam, Kepri 2014
  • Terbaik Ketiga Cabang Tahfidz Alquran 30 Juz dan Tafsir Bahasa Indonesia pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Nasional di Palangkaraya Kalimantan Tengah 2003.

Editor: Gokli