Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kawasaki Ninja 2 Tak, Sang Legenda yang Masih Diburu
Oleh : Redaksi
Sabtu | 02-11-2019 | 13:28 WIB
ninja-2-tak.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kawasaki Ninja 2 Tak. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kawasaki Ninja RR 150cc Masih Tetap Diminati Meski Sudah Discontinued – Status sebagai legenda nampaknya memang pantas tersemat pada Kawasaki Ninja RR 150cc, atau dikenal dengan Ninja 2-Tak.

Kendati sudah resmi 'pensiun', namun Kawasaki Ninja 2-Tak tetap banyak diminati konsumen. Buktinya, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) tetap memasok unitnya ke diler-diler di daerah. Unit yang dipasok bahkan menacapai ribuan dalam setiap bulannya.

Dari data yang dihimpun oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukkan bahwa model Kawasaki Ninja 2-Tak masih terjual di atas 1.000 unit per bulannya. Puncaknya, bahkan pada periode Agustus-Oktober 2015 penjualannya menyentuh angka 1.500 unit per bulan. Padahal, KMI sendiri sudah menyatakan bahwa produksi terakhir Ninja RR 150cc dilakukan pada bulan Juli 2015.

"Iya itu unit produksi terakhir pada Juli lalu. Kami memang sengaja memproduksi melebihi demand, supaya kami bisa memenuhi permintaan yang masih tinggi," kata Michael Candra Tanadhi, Deputy Head, Sales & Promotion KMI.

Lebih lanjut Michael menambahkan bahwa saat ini di pabrik KMI di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, masih tersisa stok Ninja 2 tak sekitar 5.000-an unit. KMI akan terus mendistribusikan sampai stok terakhir tersebut habis tak bersisa.

"Perkiraan habisnya Maret atau April tahun depan," ucapnya.

Konsumen yang memburu Kawasaki Ninja RR 2-Tak memang kebanyakan adalah kolektor yang ingin mengabadikan sepeda motor legendaris tersebut. Status sebagai legenda pada Kawasaki Ninja 2 tak membuat banderol pada tipe tertentu mulai tak mengikuti harga pasar. Michael mencontohkan, Kawasaki Ninja RR livery Ninja 30th Anniversary miliknya, yang dulu dibeli seharga Rp 38,9 juta, saat ini sudah ditawar hingga Rp 43 juta.

"Barangnya memang masih 0 km, belum dipakai. Ini jadi contoh, kalau ke depan, pasti ada unit spesial yang akan jadi collector item dan diburu orang, karena status Ninja 2 tak yang menjadi legenda," ujar Michael.

Seperti kita tahu, pada medio Juli 2015 yang lalu PT Kawasaki Motor Indonesia memang telah menghentikan produksi Ninja 2-Tak. Permasalahan emisi menjadi alasan utama KMI menghentikan produksi motor sport 150cc tersebut.

Sebagai gantinya, kini PT KMI mengusung seri Kawasaki Ninja RR Mono di segmen sport medium level.

Sumber: semisena.com
Editor: Chandra