PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wujud STNK Baru Berbentuk Kartu dan Punya Cip
Oleh : Redaksi
Sabtu | 02-11-2019 | 13:04 WIB
STNK.jpg honda-batam
Bentuk baru STNK. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri punya wacana mengubah desain Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). STNK disebut bakal berbentuk kartu seukuran Surat Izin Mengemudi (SIM) dan dilengkapi cip.

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Brigadir Jenderal Halim Pagarra mengatakan STNK berbentuk kartu masih dalam kajian.

Tampilan STNK saat ini masih berbentuk kertas persegi panjang. Di STNK menyertakan data kendaraan mengenai kapasitas mesin, warna kendaraan, hingga perpajakan.

Sedangkan STNK dalam bentuk kartu yang ditampilkan hanya Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB), nama, alamat, tipe kendaraan, mode, nomor mesin, warna, dan masa berlaku. Informasi lainnya bakal tersimpan cip untuk digunakan sebagai alat pembayaran, misal pembayaran tol, parkir, dan sebagainya.

"Tapi ini masih dalam pembahasan lebih lanjut," kata Halim, Jumat (1/11/2019).

Halim mengatakan STNK kartu merupakan bentuk improvisasi kepolisian dalam hal penyimpanan data kendaraan. Selain itu STNK kartu juga tidak mudah rusak karena sering terlipat dan sewaktu-waktu terkena air.

Desain STNK disebut sangat ringkas sehingga mudah disimpan. Halim menambahkan di negara maju seperti Finlandia, Bulgaria, Ukraina, hingga Belanda telah menerapkan STNK kartu.

"STNK model ini juga mencegah orang tidak bertanggungjawab meniru karena sudah memiliki karakteristik dan fitur keamanan tersendiri," ucapnya.

Sebelumnya kepolisian sudah menerbitkan SIM dalam bentuk baru yang memiliki cip untuk mencatat berbagai informasi terkait data forensik pemilik SIM, sampai dengan jumlah pelanggaran berlalu lintas. SIM yang dinamai Smart SIM ini dapat digunakan sebagai alat pembayaran dan bisa menyimpan saldo maksimal sebesar Rp2 juta.

Sumber: cnnindonesia.com
Editor: Chandra