Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pers Bisa Jembatani Kepentingan Daerah dengan Kebijakan Nasional
Oleh : Irawan
Sabtu | 02-11-2019 | 09:52 WIB
la-nyalla1.jpg Honda-Batam
Ketua DPD RI La Nyalla Matalliti. (Foto: Irawan)

BATAMTODAY.COM, Surabaya - Ketua DPD RI La Nyalla Matalliti menyatakan lembaga yang kini dipimpinnya harus menjalin sinergi dan komunikasi yang harmonis dengan semua lembaga negara, terutama pemerintah demi mempercepat pembangunan di daerah.

Apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyatakan akan menjalankan konsep pembangunan dengan pendekatan Indonesia sentris, yang artinya merata tidak hanya di pulau Jawa.

"Mengapa? Karena sejatinya wajah Indonesia adalah wajah dari 34 provinsi, mulai dari Sabang sampai Merauke," tegas La Nyalla saat membuka acara Pers Gathering Pimpinan DPD RI dengan Koorinatoriat Wartawan Parlemen di Surabaya, Jawa Timur, Jumat malam (1/11/2019).

Melanjutkan pernyataannya, menurut La Nyalla untuk mewujudkan sinergitas dan komunikasi dimaksud, maka dibutuhkan pula kerjasama DPD RI dengan jajaran insan pers, sehingga apa yang dicita-citakan dapat lebih cepat terwujud.

"Saya melihat peran pers di Parlemen begitu besar, mereka secara terus-menerus tanpa kenal lelah mempublikasikan proses-proses dan hasil-hasil sidang maupun peristiwa-peristiwa yang terjadi di DPD RI," sebutnya.

Sebab tanpa pers, menurut La Nyalla bukan hanya mandegnya jalinan sinergi dan komunikasi yang harmonis dengan semua lembaga negara, tetapi masyarakat juga akan sulit mendapatkan informasi tentang hasil dan keputusan DPD RI, utamanya yang terkait langsung dengan kepentingan daerah.

"DPD RI dan press sebenarnya mempunyai peran yang sama, yaitu mengawal berlangsungnya demokrasi di negeri kita ini. Seperti kita ketahui, DPD RI lahir dari konsensus politik nasional untuk memperkuat fungsi perwakilan daerah di tingkat nasional, disamping perwakilan politik DPR RI," katanya.

Gagasan pembentukan dasar DPD RI, sebut La Nyalla adalah menjembatani kepentingan daerah dengan kebijakan nasional, sekaligus memberi peran yang lebih besar kepada daerah dalam pengambilan keputusan politik yang berkaitan langsung dengan daerah.

"Karena itu, saya menekankan kepada seluruh senator untuk mengangkat persoalan daerah ke tingkat nasional Bukan sebaliknya membawa isu nasional ke daerah," ucapnya.

Seluruh anggota DPD RI (senator) harus dapat melihat, mencermati, mengidentifikasi dan menemukan jalan keluar persoalan-persoalan di daerah, untuk selanjutnya disampaikan kepada pemerintah sebagai masukan.

"Untuk itu, kita membutuhkan peran media massa sebagai katalisator agar persoalan tersebut segera tertangani," pungkasnya.

Editor: Yudha