Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lokasi Wisata di Solo dengan Kuliner Lezat dan Beragam
Oleh : Redaksi
Kamis | 24-10-2019 | 16:16 WIB
Wisata-di-Kota-Solo-BTD.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Wisata di Kota Solo. (Foto: Istimewa)

Menjelajahi tempat wisata di Solo tak akan lengkap tanpa mencoba berbagai makanan khas yang ada di sana. Makanan tradisional Jawa Tengah senantiasa punya cita rasa khas yang tak akan kamu temukan di tempat lain.

Untuk kamu yang sedang bingung mau makan di mana, berikut ini adalah referensi tempat makan yang ada di Solo. Referensi ini sudah terkenal sebagai wisata kuliner Solo dari dahulu sampai sekarang, tempat-tempat ini tetap menyuguhkan sajian yang menggoda lidah.

1. Ngarsopuro Night Market

Nongkrong malam-malam sambil menikmati ragam sajian kuliner di Ngarsopuro Night Market adalah momen menyenangkan. Di pasar malam ini, ada berbagai makanan dan minuman yang menggoda selera. Selain itu, ada juga beraneka barang, mulai yang indah sampai yang unik seperti batu akik.

Di pasar malam ini, kamu bisa berkumpul bersama teman-teman dan keluarga. Karena ada fasilitas Wi-Fi gratis di sini, banyak mahasiswa yang memanfaatkan tempat ini untuk mengerjakan tugas. Ada juga yang makan malam sambil bermain game online.

Lokasi kuliner ini hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu malam, sejak pukul 18.00 sore sampai sekitar jam 22.00 malam. Tak perlu tiket masuk, kamu bisa menikmati keindahan pasar malam ini secara gratis. Hanya perlu bawa uang untuk membeli makan atau barang-barang yang ada di sana. Tempat ini berlokasi di Jalan Diponegoro, Wilayah Keprabon, Banjarsari, Surakarta

2. Galabo Solo

Kalau lapar melanda saat kamu berada di Kota Solo, cobalah berkunjung ke Kawasan Kuliner Galabo (Gladak, Langen Bogan). Di tempat ini, kamu bisa menyantap berbagai kuliner terkenal khas, seperti sate kere, gudeg ceker, rawon penjara, serta tengkleng klewer.

Galabo Solo sudah berdiri sejak lebih dari 10 tahun yang lalu. Namun, dulu tempat ini tak sebersih dan serapi sekarang. Kalau pergi ke sana sekarang, kamu akan menemui kuliner yang benar-benar berkualitas. Apalagi harganya terjangkau, tak kalah dengan foodcourt mall di Solo.

Untuk memasuki kawasan kuliner ini, kamu tak perlu membeli tiket apapun. Kamu bisa mengunjungi Galabo mulai jam 17.30 sampai 24.00. Pengaturan jam buka ini sudah cocok untuk mengisi perut saat makan malam sambil nongkrong bersama teman-teman.

3. Pura Mangkunegaran

Kalau ingin rekreasi murah, kamu bisa ke Taman Sriwedari Solo. Kalau di Pura Mangkunegaran ada Mangkunegaran Royal Dinner untuk wisata kuliner ala istana megah. Kamu dapat menikmati hidangan khas seperti sambal goreng bledak, lodoh pindang, dll.

Sayangnya, wisata kuliner istimewa ini terbatas dan hanya dilaksanakan dua sampai empat kali dalam sebulan. Untuk mengakses Royal Dinner yang bernuansa kerajaan ini, kamu harus menanyakan langsung kepada pengurus tempat Pura Mangkunegaran. Untuk masuk ke Pura Mangkunegaran tanpa termasuk Royal Dinner, kamu cukup membayar Rp10.000 pada hari Senin hingga Jumat. Sementara pada hari Sabtu dan Minggu, kamu perlu membayar Rp12.000 per orang. Pura Mangkunegaran dibuka mulai pukul 09.00 dan tutup pada pukul 14.00 siang.

Itulah ketiga destinasi wisata di Solo yang menawarkan berbagai makanan lezat untuk perut yang sedang lapar. Wisata kuliner adalah hal yang tak bisa dilepaskan dari liburan di Solo. Menurutmu, masakan Jawa Tengah apa yang paling ingin kamu coba di Solo? (*)