Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BMW R18 Bermesin Boxer, Tampil Gagah Layaknya Harley-Davidson
Oleh : Redaksi
Selasa | 22-10-2019 | 08:28 WIB
BMW-R18-1.jpg Honda-Batam
BMW R18 2020. Sumber: auto.ndtv.com

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Produsen asal German, BMW Motorrad menyiapkan sepeda motor cruiser baru yaitu BMW R18. Model ini memiliki tampilan gagah layaknya motor cruiser asal Amerika Serikat, Harley-Davidson. Penampakan terakhir secara jelas dalam pengujian di jalanan tanpa kamuflase.

Media asal Italia, Motociclismo telah menerbitkan beberapa penampakan motor penjelajah dengan kapasitas 1.800 cc sedang diuji di jalan umum, di perbatasan antara Prancis dan Italia. Foto tersebut merupakan penampakan secara jelas pertama yang menunjukkan tampilan BMW R18 baru yang akan hadir di pameran sepeda motor EICMA 2019 di Milan, Italia. Dan dari gambar spyshot terungkap bahwa akan ada dua varian R18.

Salah satu versi adalah motor penjelajah ini memiliki rangka telanjang mirip dengan desain konsep sebelumnya, tetapi tampaknya juga ada model kedua, versi turing yang dilengkapi dengan aksesoris. Tema desain keseluruhan dari kedua motor menggunakan headlamp bundar, profil rendah, lebar, stang ke belakang dan tema desain cruiser secara keseluruhan.

Versi turing tampaknya menggunakan dua lampu tambahan sekunder melengkapi headlamp bundar, serta visor dan tas samping. Sistem knalpot juga tampaknya memiliki desain yang berbeda.

BMW R18 baru akan menggunakan mesin boxer 1.800 cc, mesin terbesar yang pernah digunakan oleh BMW Motorrad pada model produksi massal. Dengan bentuk mesin seperti itu, dan desain motor penjelajah yang tak ada bandingannya, BMW Motorrad tampaknya akan melakukan upaya serius untuk menggaet segmen sepeda motor penjelajah.

Pasar AS khususnya, akan menjadi perhatian bagi BMW Motorrad, dan R18 kemungkinan akan mengambil pasar dari Harley-Davidson dan Indian Motorcycle. Rincian lebih lanjut akan terungkap ketika sepeda akhirnya terungkap di acara EICMA pada awal November 2019.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha