Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Danlantamal IV Pimpin Sertijab Danlanal Ranai
Oleh : Kalit
Rabu | 09-10-2019 | 16:40 WIB
sertijab-lanal-ranai1.jpg Honda-Batam
Sertijab Danlanal Ranai. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah pimpin upacara serah terima jabatan Danlanal Ranai dari Kolonel Laut (P) Harry Setyawan kepada Kolonel Laut (P) Tunggul di Mako Lanal Ranai, Rabu (9/10/2019) pagi.

Dalam sambutannya, Danlantamal mengatakan pada hakikatnya pergantian personil merupakan mata rantai pembinaan dalam suatu organisasi di jajaran TNI Angkatan Laut. Hal ini agar lebih mampu menjawab tantangan tugas ke depan agar senantiasa responsif, antisipatif dan adaptif terhadap setiap perubahan lingkungan strategis yang terjadi.

Ia mengungkapkan, wilayah operasional Lanal Ranai memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi, karena terdapat jalur pelayaran internasional yaitu ALKI-1 yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia dan Vietnam serta laut Cina Selatan.

"Laut Natuna bukan hanya dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia namun menjadi incaran negara lain khusunya negara tetangga sehingga sangat memungkinkan terjadinya pencurian ikan," katanya.

Pada rangkaian upacara, Danlantamal IV melakukan penanggalan dan penyematan tanda pangkat jabatan dan penyerahan tongkat komando dari Kolonel Harry Setyawan kepada Kolonel Tunggul sebagai Danlanal Ranai yang baru.

Sementara Kolonel Harry Setyawan kini menduduki jabatam Asops Danguskamla Koarmada I berkantor di Kota Batam Kepri.

Dalam moment ini, SMK N 1 Bunguran Timur melakukan atraksi dengan menampilkan marching band dan dilanjutkan dengan temu ramah Danlantamal IV dengan unsur eksekutif dan legislatif Pemerintah Kabupaten Natuna, Forkompinda Natuna dan tokoh masyarakat bertempat di Auala Mako Lanal Ranai.

Usai giat temu ramah, rombongan Danlantamal IV kembali melanjutkan kunjungan kerja di Kabupaten Anambas menggunakan pesawat Casa AL.

Hadir pada acara sertijab Bupati Natuna Hamid Rizal, Wakil Bupati Natuna Ngesti, Ketua DPRD Natuna Andes serta pimpinan Forkompinda.

Editor: Yudha