Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dialog Kepala BP Batam dengan Pengusaha

Pengusaha Cecar Rudi Soal Regulasi Lahan dan Izin Reklamasi
Oleh : Nando Sirait
Kamis | 03-10-2019 | 15:04 WIB
pertemuan-rudi.jpg Honda-Batam
Kepala BP Batam Rudi saat pertemuan dengan pengusaha. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sejumlah asosiasi pengusaha dan juga sejumlah pengusaha di Kota Batam mencecar, H. Muhammad Rudi selaku Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, dalam audiensi yang dilaksanakan sehari setelah Serah Terima Jabatan (Sertijab), Kamis (03/10/2019) pagi di Harmoni One Hotel, Batam Center.

Adapun pertanyaan yang mereka ajukan, masih mengenai kepastian hukum dan regulasi lahan hingga izin pemanfaatan ruang laut (reklamasi).

Salah satunya berasal dari Ketua Asosiasi Pengusaha Bumiputera Nusantara Indonesia (Asprindo) Kota Batam, Yuhendri. Ia meminta penjelasan terkait izin pemanfaatan ruang laut yang ada di Batam.

Yuhendri berharap, BP Batam dengan transparan menjelaskan perizinan yang ada agar pengusaha tidak menyalahi aturan. Tidak hanya membahas terkait lahan. Pengusaha juga menyampaikan permasalah galangan kapal.

Menanggapi hal ini, Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengatakan, dirinya akan memilah setiap masalah yang ada. Di mana saat ini pemerintah pusat memberikan tiga tangung jawab jangka pendek yang harus dilakukan dalam empat bulan ke depan, di antaranya terkait lahan mangkrak, Pelabuhan Batu Ampar, dan menyelesaikan perizinan secara transparan.

"Saya harus selesaikan itu dalam waktu dekat ini. Tidak kita batasi untuk hari ini silakan pengusaha sampaikan semuanya," jelasnya.

Editor: Dardani