Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Selama Januari hingga Maret 2012

Pencabulan Dominasi Kasus Kriminal di Batam
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Kamis | 05-04-2012 | 15:21 WIB

BATAM, batamtoday - Kasus asusila yang dialami anak baru gede (ABG) mendominasi kasus pencabulan terhadap anak yang terjadi di Batam sejak Januari hingga Maret tahun 2012 ini. 

Berdasarkan data yang dihimpun batamtoday dari Satreskrim Polresta Barelang telah terjadi tujuh kasus pencabulan terhadap anak hingga akhir Maret 2012. 

"Dari tujuh kasus pencabulan yang kita tangani saat ini, kasus pencabulan terhadap ABG lebih mendominasi," ujar Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Barelang, Aiptu Puji Hastuti kepada batamtoday, Kamis (5/4/2012). 

Puji menambahkan, rata-rata usia yang menjadi korban pencabulan berkisar antara 14 hingga 16 tahun, kebanyakan mereka duduk di bangku SMP dan SMU. 

"Dari keterangan korban, perbuatan itu dilakukan atas dasar suka sama suka. Tetapi laporan masuk ke kita atas desakan pihak keluarga yang tak terima atas kejadian yang menimpa anaknya," terang Puji. 

Kebanyakan dari pelaku juga merupakan anak di bawah umur dan tidak mengetahui bahwa mereka bisa dijerat hukum sesuai dengan undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. 

Dalam penanganannya kasus, lanjut Puji, pihaknya lebih mengedepankan jalur kekeluargaan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Tapi tak semua pihak korban menerima saran itu dan ingin terus melanjutkan kasusnya 

"Kami hanya menyarankan mereka untuk menempuh jalur kekeluargaan, tapi jika ingin lanjut kita tetap akan proses kasusnya sampai dilimpahkan ke kejaksaan," pungkasnya.