PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelatihan UPZ, Sekda Natuna: Mari Bersihkan Harta Kita dengan Berzakat
Oleh : Kalit
Rabu | 11-09-2019 | 16:16 WIB
sekda-natuna-zakat1.jpg honda-batam
Sambutan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna, Wan Siswandi. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Natuna melaksanakan pelatihan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dana zakat BAZNAS Profvinsi Kepulauan Riau tahun 2019, Rabu (11/9/2019) di Rumah Makan Sisi Basisir.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna, Wan Siswandi dan dihadiri oleh unsur muspida dan musfika di Natuna, OPD, Ormas Islam serta peserta pelatihan.

Wan Siswandi mengatakan rasa terimakasihnya kepada Baznas Provinsi karena telah memilih Kabupaten Natuna menjadi tempat penyaluran dana zakat. Selain itu ia juga menjelaskan bahwa pemerintah daerah juga telah memberikan surat edaran kepada seluruh OPD agar menyisihkan sebagian gaji pegawai untuk membayar zakat.

"Karena zakat untuk membersihkan harta kita. Kalau masih bandel juga kita akan evaluasi TPP-nya dulu, kita cek sudah bayar zakat atau belum," tegasnya.

Sebagai umat muslim, Wan Siswandi menyadari ada hak orang lain dalam harta yang diperoleh dari penghasilan kerjanya.

"Terima kasih juga kepada Baznas Natuna telah mengadakan kegiatan ini, agar kesadaran masyarakat membayar zakat dapat meningkat," ungkapnya.

Sementara itu, ketua panitia penyelenggara kegiatan, H. Said Ridwan menegasnya pentingnya adanya pelatihan OPZ ini. Menurutnya dari 100 anggota OPZ di Natuna belum aktif sepenuhnya, hal ini dikarenakan para OPZ tidak tau dan masih bingung apa tugasnya seorang OPZ tersebut.

"Untuk itu kita laksanakan pelatihan ini. Karena OPZ yang kita bentuk baru 30 persen aktif," terangnya.

Lanjutnya, kegiatan ini adalah kolaborasi antara BAZNAS kabupaten dengan provinsi untuk memberi pengetahuan tentang tugas OPZ ini. Selain itu, kedatangan BAZNAS Provinsi Kepri juga untuk menyerahkan zakat di Natuna dengan tiga kriteria penerima, yakni untuk pendidikan, ekonomi dan dakwah.

Penyerahan zakat secara simbolis diserahkan oleh Wan Siswandi kepada para penerima zakat yang hadir.

Editor: Yudha