Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terpapar Asap Kiriman dari Indonesia, Malaysia Sebar Setengah Juta Masker
Oleh : Redaksi
Selasa | 10-09-2019 | 14:52 WIB
kabut-asap-kl.jpg Honda-Batam
Kondisi udara di Malaysia masih buruk akibat terkena kabut asap dari wilayah Indonesia. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Kuala Lumpur - Tingkat polusi di Malaysia akibat asap kebakaran hutan di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Pemerintah Malaysia pun membagi setengah juta masker untuk mengurangi risiko akibat terpapar asap.

 

"Kami mendapatkan 500 ribu masker dan mengirimnya ke cabang agensi di Serawak," begitu pernyataan Agensi Pengurusan Bencana Negara (NADMA), Selasa (10/9), seperti dikabarkan Channel News Asia.

NADMA yang bekerja sama dengan Departemen Pendidikan juga telah mengirimkan masker ke sekolah-sekolah yang terkena dampak. Menurut Departemen Pendidikan Malaysia, ada 409 sekolah dasar dan menengah di Serawak yang ditutup pada hari ini. Akibatnya, 150 ribu siswa terpaksa belajar di rumah di tengah jadwal ujian nasional yang semakin dekat.

Indeks Polusi Udara (API) di Serawak, yang berbatasan langsung dengan Kalimantan, memang telah mencapai tingkat tidak sehat pada Selasa (10/9/2019). Bahkan satu kabupaten mendapat poin 201 atau sangat tidak sehat. Tingkat tidak sehat juga dicatat di lima negara bagian lainnya.

Pekan lalu, Malaysia menyatakan akan mengirim nota diplomatik ke Indonesia untuk mendesak segera dilakukan tindakan mengatasi kabut asap. Selain itu, Malaysia juga telah menawarkan bantuan kepada Indonesia untuk memadamkan api.

Dalam beberapa pekan terakhir, Indonesia sendiri telah mengirim ribuan personel untuk memadamkan api. Serta mengumumkan keadaan darurat di 6 provinsi di Sumatera dan Kalimantan.

Sumber: RMOL
Editor: Dardani