PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tips Merawat Cat Mobil Tua agar Tetap Kinclong
Oleh : Redaksi
Sabtu | 24-08-2019 | 19:16 WIB
mobil-tua1.jpg honda-batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Bukan tidak mungkin cat mobil tua bisa mengkilap meski sudah berusia puluhan tahun. Lihat saja mobil orang-orang terkenal seperti mobil dinas Sukarno, masih tampak cantik sampai sekarang dengan cat yang mengkilap.

Ternyata ada caranya lho biar mobil-mobil tua seperti itu dapat mempertahankan kecantikannya supaya tak lekang oleh waktu. Tentunya cara perawatan itu berpengaruh terhadap material pembuatnya yang berbeda dengan mobil zaman sekarang.

"Yang bikin perbedaan terkadang mobil tua itu dia pernish-nya beda sama yang (mobil) sekarang. Pernish mobil tua itu lebih tebal, sekarang punya empat lapisan cat, mobil sekarang lebih ringkih," ujar Sales Manager PT Milenia Mega Mandiri (perusahaan yang memasarkan mesin poles Rupes), Syaiful Azhari beberapa waktu lalu saat ditemui.

Ia menambahkan pernish tersebut berkontribusi besar terhadap tingkat kilau dari cat mobil. "Mobil kinclong itu karena pernish, kalau nggak tebal itu nggak akan kincolog," timpalnya.

Untuk merawatnya dibagi menjadi dua jenis kegunaan mobil. Untuk mobil yang jarang dipakai seperti koleksi garasi cukup di-waxing saja. Sementara itu untuk mobil harian tetap harus menjalani perawatan rutin seperti cuci dan poles.

"Kalau mobil tua saran ya itu kalau memang bukan mobil pakaian polish wax aja selesai. Kalau harian lihat jenis catnya, doff atau cat mati," jelasnya.

Namun jika lalai dan cat mulai kusam tidak ada langkah lain yang dapat ditempuh selain melakukan cat ulang.

"Kalau udah kusam nggak bisa ngaca itu nggak bisa dipolis lagi mau diapain nggak bisa kinclong. Satu-satunya cara ya cat ulang," pungkasnya.

Sumber: detikoto.com
Editor: Yudha