Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Cabai di Batam Normal
Oleh : Gokli/Dodo
Sabtu | 31-03-2012 | 14:16 WIB

BATAM, batamtoday - Kenaikan harga BBM selalu berimbas pada harga kenaikan bahan pokok. Tapi, lantaran harga BBM tak jadi naik sehingga harga kebutuhan pokok di beberapa pasar di Batam masih tetap normal, Sabtu (31/3/2012). 

 

Salah satu kebutuhan pokok yang paling rentan mengalami kenaikan harga yakni cabai merah, hijau dan rawit. Namun, saat ini harga cabai merah masih di kisaran Rp20 ribu sampai Rp23 ribu per kilogramnya. 

Novrizal, salah seorang pedagang di Pasar Sagulung berpendapat, kenaikan harga BBM selalu berimbas pada harga kenaikan bahan pokok salah satunya cabai lantaran didatangkan langsung dari luar Batam yakni Medan dan Yogyakarta. 

Harga cabai merah asal Yogyakarta saat ini mencapai Rp22 ribu sampai Rp23 ribu per kilogram, sementara cabai merah asal Medan mencapai Rp20 ribu sampai Rp21 ribu per kilogram.

"Harga ini masih tergolong normal dan murah mengingat harga sebelumnya sempat mencapai Rp74 ribu perkilogram," katanya. 

Selain itu, kata Novrizal meskipun pembeli masih beranggapan bahwa harga cabai mengalami kenaikan, hal ini bukan karena pengaruh wacana kenaikan BBM melaikan lantaran pengaruh alam. Dimana cuaca kurang mendukung bagi petani cabai. 

"Pembeli masih beranggapan harga cabai mahal, tapi itu lantaran pengaruh cuaca buruk. Terbukti dengan kualitas cabai yang masuk pasar Batam tidak sebagus kualitas cabai seperti biasanya," terangnya. 

Selain harga cabai merah yang masih normal, harga cabai hijau juga masih tetap yakni Rp14 ribu sampai Rp15 ribu per kilogram. Untuk cabai hijau lokal di kisaran Rp16 ribu per kilogram lantaran kualitas cabainya jauh lebih segar dibanding yang lain. 

"Harga cabai rawit juga masih tetap normal yaitu Rp23 ribu per kilogram. Sehingga, kita dapat menyimpulkan harga kebutuhan seperti cabai masih normal," tutupnya.