PKP

Sekda Natuna Buka Rapat Koordinasi Pembinaan Pemerintah Desa
Oleh : Kalit
Rabu | 17-07-2019 | 18:04 WIB
sekda-rakor-desa11.jpg honda-batam
Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna Wan Siswandi membuka rapat kordinasi pembinaan pemerintahan desa. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna Wan Siswandi membuka rapat kordinasi pembinaan pemerintahan desa yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) di Hotel Natuna, Rabu (17/7/2019).

Disampaikan Wan Siswandi, dalam pemerintahan peranan desa berada pada ujung tombak, dimana mereka langsung berhadapan dengan masyarakat. Sehingga perhatian pemerintah terhadap desa sangat besar, hal ini dibuktikan dengan anggaran yang dikucurkan tiap tahunnya semakin meningkat.

Namun diharapkan perangkat desa juga dapat melalukan tata kelola administrasi dan pengelolaan keuangan yang baik, sehingga tidak menimbulkan permasalahan hukum di kemudian hari.

"Saya berharap kepada semua perangkat desa untuk bekerja dengan baik dan hati-hati," terangnya.

Terkait keberadaan Klinik Desa yang diinisiasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Natuna, Wan Siswandi juga mengharapkan agar dapat dimaksimalkan perannya. Sehingga segala permasalahan dapat diselesaikan dengan baik.

"Klinik Desa yang baru saya resmikan baru-baru ini, sebaiknya dimanfaatkan oleh perangkat desa untuk berkonsultasi dan mencari solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapi di lapangan," ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Natuna, Anrizal Zen dalam laporannya menyampaikan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk memberikan bimbingan bagi peningkatan kapasitas kepala desa dan anggota BPD tentang pemerintahan desa.

"Kita berupaya menyatukan persepsi dalam pembinaan dan pengawasan pemerintahan yang baik dan bersih," ujar Anrizal Zen.

Kegiatan ini juga diisi penyerahan 4 kategori penghargaan desa, BPD dan BUMDes yang berprestasi, untuk kategori satu pengelolaan dan laporan keuangan desa.

Kategori desa yang menyampaikan pelaporan keuangan tepat waktu tahun 2018 diraih Desa Payak. Untuk desa terbaik dan lengkap administrasi keuangan tahun 2018 diraih Desa Selemam. Sedangkan kategori desa pelaksana padat karya terbaik tahun 2019 adalah Desa Harapan Jaya.

Kategori BPD Kinerja terbaik peringkat satu diraih BPD Gunung Durian, BPD Batu Gajah dan BPD Sedarat Baru. Untuk Kategori tiga pengelolaan data profil desa teraktif peringkat pertama Desa Cemaga Selatan, DesaTanjung Setelung dan Desa Kadur.

Sementara Pembinaan BUMDes terbaik diraih Kepala Desa Sebadai Hulu sebagai pembima BUMDes tertib administrasi tahun 2018, juga ditetapkan sebagai BUMDes tertib administrasi, kinerja dan pelaporan keuangan terbaik.

Editor: Yudha