Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ditpolair Amankan 10 Perompak Perairan Batu Ampar
Oleh : Roni/Ocep
Selasa | 27-03-2012 | 13:34 WIB

BATAM, batamtoday - Satuan Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Kepri mengamankan sepuluh orang perompak di perairan Batuampar, Batam, Selasa (27/3/2012) pukul 01.00 WIB dini hari. Para pelaku ketangkap tangan tengah mencuri dinamo dari kapal tongkang berbendera asing yang sedang lego jangkar.

Dikatakan oleh Kabid Humas Polda Kepri, AKBP Hartono yang didampingi Dirpolair Polda Kepri, Komber Yassin Kosasih bahwa penangkapan tersebut berawal dari adanya informasi dari masyarakat yang melihat tindak tanduk mencurigakan. Mendapat laporan tersebut, anggota Polair langsung meluncur ke TKP. Ternyata memang ada aktifitas pencurian.

"Keamanan dilaut sangat diharapkan. Hal-hal gangguan keamanan dilaut akan ditangani oleh Polisi dalam hal ini Polair. Hasil pengembangan ada tindakan yang meresahkan keamanan laut," terang Hartono di Mako Ditpolair Polda Kepri, Sekupang.

Saat mengetahui ada anggota Polisi yang ingin menangkap, para perompak mencoba untuk melarikan diri dengan menggunakan dua buah pompong. Atas kesigapan petugas, para perompak berhasil diamankan tanpa adanya perlawanan.

"Diamankan tanpa perlawanan setelah selesai mencuri," katanya.

Dari tangan tersangka diamankan barang bukti berupa dua unit pompong tanpa nama, satu set alat pemotong dan potongan-potongan besi.

"Para pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman diatas 6 tahun," terangnya.

Para pelaku yang diamankan yakni AH (32), RI (28), DI (23), RA (23), IA (20), JL (23), FR (21), HD (26), MJ (25) dan MY (20).

"Para pelaku kini masih akan dilakukan penyelidikan untuk pengembangan lagi," kata Hartono.